Monday, June 27, 2016

Perpanjangan SIM A dengan Fasilitas SIM Online di Pontianak

Senin tanggal 23 Mei 2016 kemarin stigmaku terhadap polisi berubah. Bagaimana tidak, selama ini stigmaku terhadap polisi kurang begitu bagus, tapi karena momen 23 mei itu ternyata stigmaku selama ini salah. Polisi Telah Berubah!

Kebetulan aku mempunyai SIM A yang ketika itu hampir habis masa berlakunya tanggal 31 Mei 2016, tepat saat ulang tahunku ke-32. Nah, bingunglah aku gimana mau memperpanjangnya. Kalau aku pulang ke Pati, Jawa Tengah kota kelahiranku tempat membuat SIM A-ku dulu jelas aku harus meluangkan banyak waktu alias harus cuti. Opsi itu kayaknya nggak memungkinkan mengingat pekerjaan kantor saat itu lagi padat-padatnya dan tentunya menguras banyak kocekku kalau opsi itu kulakukan. Kubatalkanlah opsi itu!

Opsi kedua, biarlah SIM A-ku hangus sampai jatuh tempo, nanti saat libur lebaran aku mau membuat SIM A baru di Tulungagung Jawa Timur, alamat KTP-ku sekarang, kota dimana anak dan istriku tinggal. Tiba-tiba aku teringat dengan fasilitas SIM Online yang akhir tahun lalu telah di-launching Kepolisian RI. Fasilitas SIM Online ini untuk memfasilitasi perpanjangan SIM secara online bagi masyarakat perantau agar tidak perlu repot-repot pulang ke kampung halaman untuk memperpanjang SIM-nya. Langsunglah ku-googling tentang SIM Online. Di beberapa artikel yang kutemukan rata-rata isinya sama yaitu, fasilitas SIM Online ini hanya bisa dilayani di 45 kota yang terhubung database-nya secara online. Sialnya ternyata kotaku Pati tidak ada di dalam daftar 45 kota itu. Maklum mungkin karena kota kecil kali ya, haha.....

Nggak mau patah arang, dalam pikiranku kubertanya "Masak sih sejak akhir tahun kemarin belum nambah juga kota yang terkoneksi dengan SIM Online ini?" Daripada penuh diliputi rasa penasaran, aku pun memutuskan untuk mampir ke Polresta Pontianak pada hari senin itu. Kubermaksud menanyakan apakah SIM saya yang dibuat di Pati bisa diperpanjang di Pontianak.

Ditemani sopir kantorku, sekitar pukul 1 siang aku bertolak ke Polresta Pontianak. Sesampainya di sana kulangsung bertanya kepada seorang polisi yang sedang berada di pos depan tempat pembuatan SIM semacam resepsionis gitu. Kutanya, "Pak, ini saya mau memperpanjang SIM, untuk kota Pati sudah bisa diperpanjang di sini belum ya Pak?"

"Pati Jawa Tengah ya Mas, coba mas masuk dilihat dulu daftar kota yang sudah bisa SIM Online di banner yang ada di dalam ruangan itu.", jawabnya dengan ramah.

Langsung saja kumasuk ruangan dan kulihat daftar kota di banner yang ada di ruang tunggu pembuatan SIM, ternyata masih sama dengan daftar kota yang kulihat di internet, mungkin banner-nya belum di-update, haha....

Kebetulan saat itu pelayanan SIM masih tutup karena istirahat siang. Masih penasaran dan seolah nggak percaya, kukembali ke depan menemui Pak Polisi yang kutanyai tadi. "Bener ya Pak, belum nambah kotanya ya?", tanyaku dengan penuh harap. Pak Polisi tadi pun meresponku dengan memanggil temannya yang baru datang, kayaknya abis sholat karena masih memakai sandal jepit dan basah rambut di dahinya.

"Ini lho ada yang mau perpanajang SIM dari Pati!", seru Pak Polisi kepada temannya.

Aku pun dipersilakan masuk ke ruang pembuatan SIM dan langsung dicek dataku di komputer kali saja sudah ada. Kuserahkan SIM-ku dan Voila.... ternyata setelah dicek, dataku ada di database SIM Online. Senang banget rasanya..... Kemudian KTP-ku diminta untuk dicocokkan dengan database. Aku pun disuruh melihat di komputer ngecek apakah sudah benar dataku.

Si Polisi yang ramah ini kemudian mempersilakanku menuju ruang foto untuk diambil sidik jariku, tanda tangan dan tentunya difoto. Kemudian aku diminta membayar biaya pembuatan SIM sebesar Rp80ribu, benar-benar sesuai tarif resmi, nggak ada pungutan lainnya. Oh My God....seolah nggak percaya, proses perpanjangan SIM-ku hanya sekitar 5 menit. Sebelum aku pulang, kusempatkan meminta foto bersama dengan Pak Polisi yang membantuku membuat SIM itu. Luar Biasa.... ! Akan kuingat seumur hidupku, haha....

Kepuasanku saat itu kalau di konsep tangg kepuasan konsumen berada di puncak tertinggi yaitu AMAZING. Pelayanan yang luar biasa! Maju Terus Polisi Indonesia!

No comments:

Post a Comment