Sunday, March 1, 2020

Dengan QRIS, Satu Dompet Digital Untuk Semua Pembayaran Berbasis QR Code

Mulai 1 Januari 2020, Bank Indonesia sebagai regulator di bidang moneter memberlakukan para penyelenggara dompet digital ataupun institusi keuangan yang menyelenggarakan pembayaran berbasis QR Code menggunakan QRIS (Quick Response code Indonesian Standard), yang memudahkan masyarakat dalam pembayaran berbasis QR Code.

Selama ini, masyarakat hanya bisa menggunakan satu dompet digital misalkan Gopay untuk pembayaran berbasis QR Code Gopay, aliasnya GoPay-nya tidak bisa digunakan untuk membayar QR Code yang dikeluarkan oleh penyelenggara dompet digital lainnya misalkan Ovo, Dana, atau LinkAja. Dengan QRIS satu dompet digital bisa digunakan untuk membayar semua metode pembayaran berbasis QR Code.

Kemarin, ketika saya makan sate padang di  pinggir jalan, untuk pembayaran non tunai si penjual hanya menyediakan metode pembayaran dengan Gopay. Iseng-iseng aku ingin membuktikan apakah QRIS sudah berlaku. Alhasil aku mencoba membayarnya pakai QR Code Gopay si penjual menggunakan Ovo, dan ternyata bisa. Saldo Gopay si penjual sate padang pun seketika itu pula bertambah. Aku pun penasaran mencoba scan membayar pakai Dana dan LinkAja, ternyata juga bisa muncul nama warung si penjual sate padang, tapi tentunya tidak saya lanjutkan ke pembayaran, kan sudah bayar pakai Ovo, hehe.... Si penjual pun merasa surprise dengan hal ini, karena sebelumnya dia tahu, dan ada pelanggannya dulu yang tanya bisa bayar pakai Ovo? Dia pun dulu menjawabnya tidak bisa , hanya bisa pakai Gopay. Sekarang dia pun bisa menerima berbagai pembayaran QR code untuk pelanggannya.

Praktis banget, nggak perlu pakai banyak dompet digital! Namun, jika ada promo dari dompet digital tersebut, kita tidak bisa memperolehnya jika transaksi antar dompet digital. Misalkan saat itu, OVO sedang promo ada cashback Rp3000, tapi karena saya membayar ke QR Code Gopay maka saya tidak mendapatkan cashback itu. Sebaliknya, jika Gopay sedang ada promo, karena saya bayar pakai Ovo tidak akan mendapat promo tersebut.

Syukurlah, semua menjadi lebih mudah bagi masyarakat dalam bertransaksi non tunai. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang QRIS ini. Semoga sesegera mungkin, cashless society yang sepenuhnya terjadi di negeri ini agar semua transaksi keuangan bisa terlacak dan meminimalisir terjadinya tindak korupsi. Good Job BI!

No comments:

Post a Comment