Monday, July 29, 2013

Pengalaman Berbelanja di Saqina (.com)

"Son kalau sempat Ibu nitip beliin gamis batik ya!", pinta Ibuku sekitar 2 bulan yang lalu. Wah, bingung juga mau nyari dimana, belum lagi nanti kalau modelnya gk cocok dengan keinginan Ibu. Akhirnya selama 2 bulan niat untuk membelikan Ibu sebuah gamis batik masih hanya di pikiran saja.

Kamis, 25 Juli kemarin saat asik browsing di internet, aku liat iklan telkomsel. Di iklannya disebutkan untuk pelanggan telkomsel bisa menukarkan sebanyak 17 poin telkomselnya dengan voucher diskon di 7 online shop. Langsung saja ku klik iklan itu. Ada 7 online shop yang berpartisipasi dalam program ini. Ada pinkemma, lazada, zalora, bilna, maskoolin, saqina, dan hargahot. Dari ketujuh online shop itu, hanya lazada dan zalora yang sudah sering kukunjungi. Diantara ketujuh online shop itu, aku tertarik mengunjungi saqina.com. Dari namanya saja sudah terlintas di pikiranku, jika saqina memang berjualan khusus busana muslim. Kebetulan aku sedang mencari gamis buat ibu.

Setelah kuintip-intip busana apa saja yang dijual di saqina.com, aku tertarik dengan gamis warna hitam dengan separuh corak bunga di bagian bawah yang sepertinya cocok jika dipakai Ibu. Tak mau berspekulasi, aku menghubungi Ibu untuk melihat-lihat sendiri koleksi di saqina.com. Ternyata dia suka dan cocok gamis yang kupilihkan meskipun bukan gamis batik.

Langsung saja kutukarkan 17 poin telkomselku dengan voucher diskon 20% dari saqina. Gamis seharga 400 ribuan hanya jadi sekitar 300 ribuan plus ongkos kirim Rp20ribu ke Pati, Jawa Tengah melaui kurir JNE. Aku pesan hari kamis, hari sabtu tanggal 27 Juli 2013 sekitar pukul 9 malam sudah sampai di tangan Ibuku. Termasuk cepat pengirimannya padahal lokasi rumah ortuku tidak di Kota Pati, melainkan di sebuah desa sekitar 7 km utara kota Pati. Menurut Ibu, gamis yang kubelikan kainnya bagus, tebal, halus dan ukurannya pas. Beliau terlihat sangat puas, kedengaran dari nada bicaranya di telepon yang bersemangat menceritakan gamis barunya.

Menurutku pelayanan dari Saqina.com sudah cukup bagus. Setiap pemesanan lewat web langsung mendapat email konfirmasi nomor order dari saqina. Namun masih perlu waktu beberapa jam untuk menerima email/sms notifikasi tentang berapa jumlah uang yang harus ditransfer + ongkos kirimnya. Kekurangan lainnya adalah, ketika barang sudah dikirim, costumer tidak mendapatkan sms pemberitahuan nomor resi kurir ekspedisi pengirim barang.

Untuk metode pembayaran masih tergolong manual melalui transfer via Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI dan harus melakukan konfirmasi secara manual melalui SMS. Memang Saqina tidak perlu diragukan lagi merupakan online shop terpercaya, namun masih perlu ada perbaikan fasilitas pelayanan agar lebih memudahkan costumer dalam berbelanja, antara lain dengan:

  1. memfasilitasi pembayaran menggunakan kartu kredit, debit, ataupun jenis pembayaran lainnya agar lebih fleksibel
  2. mengirimkan nomor resi pengiriman barang agar bisa dilacak secara mandiri oleh costumer
  3. dalam kolom alamat, hanya memungkinkan untuk menulis alamat sepanjang 40 karakter. Hal ini cukup menyusahkan jika alamat costumer panjang, dan bisa membuat ragu costumer apakah barang yang dipesan bisa sampai tujuan atau tidak. Sebaiknya ditambah lagi batasan karakternya, minimal sebanyak 160 karakter seperti SMS atau 140 karakter seperti twitter kali ya, he he.....


Overall aku cukup puas berbelanja online di Saqina.com

4 comments:

  1. iyah mba, aku setuju banget sama review nya, aku juga pernah belanja di sana :)
    Teru
    Obat Jerawat

    ReplyDelete
  2. Membangun kepercayaan memang penting .. apalagi transaksi online.
    Jual Peninggi Badan
    Jual obat jerawat
    Jual Lulur BAli Ratih

    ReplyDelete
  3. Pengalaman mbak jadi inspirasi buat saya

    ReplyDelete