Monday, July 29, 2013

Mudahnya Proses KPR di BTN

Habitat Terrace Residence (Dok. Pribadi)
Hari ini kakakku melakukan akad KPR di BTN Cabang Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ini adalah transaksi terbesar yang ia lakukan selama ini. Bagaimana tidak, plafon kredit sebesar 400jt harus ditanggungnya selama 20 tahun. Namun yang membuatku terperangah selain besarnya plafon kredit yang disetujui, juga cepatnya proses pengajuan KPR sampai dengan akad kredit hari ini.

Banyak orang termasuk diriku dulu sewaktumengajukan KPR memerlukan waktu yang relatif lama, mengalami beberapa kali penolakan dari beberapa bank, serta persetujuan plafon kredit yang lebih rendah daripada yang diajukan, sehingga semakin memperbesar DP yang harus dibayar. Namun semua itu tidak terjadi pada kasus kakakku ini.

Sekelumit proses yang akan kuceritakan dari bagaimana dia mengajukan kredit sampai dengan disetujuinya plafon KPR yang diajukan.

  1. Tanggal 30 Juni 2013, dia membayar booking fee sebuah rumah di salah satu perumahan di kawasan kelurahan Ciater, Serpong, Tangsel
  2. Tanggal 6 Juli 2013 dia menyerahkan berkas-berkas kelengkapan KPR melalui marketing perumahan yang terdiri dari Slip Gaji 3 bulan terakhir, Surat Keterangan Kerja, Fotokopi KTP, KK, NPWP, rekening tabungan 3 bulan terakhir dan Izin Profesinya, Foto, serta formulir pengajuan KPR BTN yang sudah ditandatangani di atas materai 6 ribu rupiah. Statusnya yang masih single jadinya tidak perlu melampirkan fotokopi akta nikah.
  3. Tanggal 15 Juli 2013 dia wawancara di BTN Kebon Jeruk
  4. Tanggal 22 Juli 2013 dia mendapat email SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Pemberian Kredit) sebesar 400juta dari BTN tertanggal 18 Juli 2013
  5. Setelah melunasi uang muka ke developer dan mendeposit uang sejumlah biaya KPR di rekening BTN, akhirnya tuntaslah semua proses KPR tepat pada hari Senin, 29 Juli 2013.


Total waktu yang dibutuhkan dari pengajuan aplikasi KPR sampai dengan turunnya SP3K tidak sampai 2 minggu. Ini termasuk cepat sekali. Kucermati mengapa bisa secepat itu, aku berkesimpulan sebagai berikut:

  1. Berkas-berkas yang dikumpulkan cukup lengkap dan meyakinkan. Gaji sebesar 10juta tentunya cukup memadai untuk plafon sebesar 400jt selama 20 tahun yang mana untuk 2 tahun pertama bunganya fix 7,49% dengan angsuran perbulannya sekitar Rp3,2jt. Jadi masih wajar angsuran per bulannya berkisar 30% dari gaji.
  2. Statusnya yang masih single dan tidak ada tanggungan menjadikan biaya hidup relatif lebih sedikit daripada yang sudah menikah, sehingga tidak perlu join income dengan istri saat mengajukan KPR berbeda dengan diriku dulu.
  3. Ketiadaan kredit macet dengan status kredit yang lancar tercermin dengan tidak pernah telat membayar kartu kredit membuat kakakku dengan mudah melalui fase BI Checking. Saat mengajukan aplikasi KPR, kakakku hanya punya tagihan cicilan sebesar 300 ribuan yang masih berlangsung selama 11 bulan. Namun hal ini tidak begitu signifikan, berbeda halnya jika kita masih punya tagihan kredit lain yang nilainya mencapai jutaan tiap bulannya, tentunya Bank perlu berpikir panjang untuk memberikan kredit kepada Anda karena dikhawatirkan potensi default (gagal bayar) yang tinggi dari Anda.
  4. Pengembang yang bonafit dan sudah mempunyai kerja sama dengan BTN Kebon Jeruk menjadi faktor pendukung yang memperlancar disetujuinya KPR.
  5. Izin Profesinya dari Bapepam yaitu WMI, WPEE, dan WPPE yang tidak sembarang profesional memilikinya, membuat pihak Bank semakin yakin akan kemampuan finansial kakakku, meskipun dia bekerja di sektor swasta.


Awalnya selama seminggu setelah wawancara di BTN, kakakku sedikit resah, kok tidak ada konfirmasi ke teman atau atasannya di kantor mengenai profil kakakku. Kemudian aku yakinkan dia, mungkin BTN mempunyai cara yang berbeda untuk konfirmasi, tidak melulu melalui telpon atau datang langsung ke kantor. Ternyata kekhawatiran kakakku tidak beralasan, dan sukses KPR-nya.

Melihat lancar dan mudahnya kakakku dalam mengajukan KPR sampai akad KPR hari ini, mengisyaratkan kalau rumah yang dibelinya itu mungkin benar-benar 'berjodoh' dengannya. Memang benar ungkapan "Beli rumah itu seperti nyari pasangan hidup, alias jodoh-jodohan".

Isu naiknya suku bunga KPR BTN bulan Agustus nanti semakin memacu kakakku untuk mempercepat proses akad kreditnya agar tidak dikenakan bunga baru. Sekarang dia bisa tersenyum lega, setelah hampir setahun ini berburu rumah di Jabodetabek, dan pilihan terakhirnya jatuh di Habitat Terrace Residence yang terletak kurang lebih satu kilometer dari rumahku di Grand Serpong 2 Residence.

Baca juga:

Cicilan KPR yang Mencekik

42 comments:

  1. Anonymous1:00 PM GMT+7

    Salam kenal,kemungkinan besar saya akan menjadi tetangga kakak anda. :) Karena,pengalaman kakak anda ini sama persis dgn yg saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9:09 AM GMT+7

      Pengalaman KPR Permata Syariah

      Saya kredit KPR Permata Syariah tahun 2008. Akad murobahah dengan pokok 208 juta dan margin 242 juta (margin 12% fix efektif atau 7,75% fix flat per tahun selama 15 tahun). Cicilannya 2,5 juta per bulan. Saya lihat perbandingan utang pokok dengan margin tidak proporsional. Angsuran awal, margin sangat besar sedangkan pokoknya kecil.

      Saat ini, saya sudah mencicil selama 7 tahun. Jadi uang yang sudah saya setor ke bank adalah 2,5 juta x 12 x 7 = 210 juta. Ternyata pokok utang saya masih 150 juta. Berarti pokok utang yang sudah saya bayar sebesar 208 - 150 = 58 juta. Margin yang sudah saya bayar selama 7 tahun adalah 210 - 58 = 152 juta. Berarti bunga yang saya bayar 152 / 58 = 262% untuk 7 tahun. Ini setara dengan 262% / 7 = 37%. Gila bener. Padahal harusnya 7.75% per tahun nya. Perbandingan margin dengan pokok yang tidak proporsional menyebabkan kenaikan margin dari 7,75% menjadi 37%. INI GILA. Ini lebih besar dari KTA mana pun.

      Gila bener. Perbandingan margin dan utang pokok yang tidak adil sangat merugikan nasabah. Ini berarti nasabah harus membayar margin per tahun lebih besar dari yang disepakati. INI ADALAH KECURANGAN.

      Sistem yang adil adalah persentase margin dan pokok harus sama dari setiap angsuran dari tahun ke tahun. Jika perbandingannya adil, maka utang pokok yang sudah saya bayar adalah (208 / 450 ) x 210 = 97 juta. Sehingga utang pokok saya tinggal 208 - 97 = 111 juta. Berarti saya dicurangi sebanyak 150 - 111 = 39 juta selama 7 tahun. INI GILA.

      WASPADALAH. Saya dicurangi oleh perbankan. Bagaimana dengan ANDA?

      Dan ingatlah. Perbandingan antara margin dan pokok yang tidak adil ini tidak pernah disebutkan oleh bank manapun. WASPADALAH...WASPADALAH

      Delete
  2. Anonymous1:00 PM GMT+7

    Salam kenal,kemungkinan besar saya akan menjadi tetangga kakak anda. :) Karena,pengalaman kakak anda ini sama persis dgn yg saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam Kenal Juga.

      Akhir tahun Kemarin, saya sempat melihat progress pembangunan komplek Habitat Terrace, sudah sekitar 40 % ya bangunannya.

      Semoga saja pertengahan tahun ini sudah bisa serah terima.

      Delete
  3. Anonymous3:13 PM GMT+7

    KARYAWAN KONTRAK APAKAH BISA APPROVE YAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tips buat karyawan kontrak bisa Anda lihat di artikel ini:

      http://finance.detik.com/read/2014/01/12/085629/2465047/1016/tips-buat-freelancer-yang-ingin-beli-rumah

      Semoga Membantu. Terima kasih

      Delete
  4. Misi mau numpang nanya..untuk konfirmasi ke kantor melalui apaa ya?
    Bukan melalui telpon HRD ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih melalui HRD atau bagian keuangan. Atau bisa juga langsung ke atasan. atau Bank punya cara tersendiri yang orang awam mungkin belum banyak yang tahu.

      Delete
  5. siti nuraeni@gmail.com3:13 PM GMT+7

    Kok saya lama yaa ngajuin kpr di btn sukabumi.. Sudah hampir 4 bulan.. Belum ada keputusan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau sudah 4 bulan nggak ada kabar sudah pasti ditolak. Saya juga pernah ngajuin ke btn nggak ada konfirmasi penolakannya.

      Delete
    2. Kejar pengembangnya, tanyakan SP3K nya mba...

      Delete
  6. salam kenal mas,

    saya ada rencana mengambil unit di habitat terrace residence, sepertinya pembangunannya lama atau tersendat? ada masalah apa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kata kakak saya yang sudah beli setahun yang lalu di habitat, rumahnya belum jadi juga. Ya mungkin pembiayaannya dari bank tersendat.

      Delete
  7. Cepet juga ya..
    Saya sudah lama berencana mengajukan kredit anggunan rumah pribadi,tapi sampai sekarang blm juga...ada kekhawatirN takut gg d aprove

    ReplyDelete
  8. KPR BTN ---

    Pengalaman yang mungkin sedikit berbeda dengan yang saya rasakan.

    1Tahun waktu untuk menunggu proses Akad, 2012 pengajuan, dan 2013 Akad kredit KPR...itu pun dengan methode Banding, atas dasar SP3K pertama sudah expired. Daluarsa SP3K adalah 3 bulan sejak surat terbit. Pengembang/ Develover memberikan SP3K kepada saya selaku customer tepat dibulan ke 6. Sehingga, jalur Banding kami lakukan.

    Banding akan meminta kembali data2 sbb : Surat Keterangan Kerja baru, Slip Gaji 3 Bulan Terakhir terbaru, serta KTP & KK . itu sedikit syarat yang membuat saya merasa kecewa terhadap developer / pengembang yang kami percaya.

    Hal yang saya pelajari, kenapa bisa terjadi demikian, ;

    a. Pelajari profile Developer / Pengembang dari perumahan tersebut, jangan sampai kita menjadi customer dari pihak pengembang yang memiliki dana terbatas.

    Hal tersebut berimbas pada lamanya pengembangan project perumahan yang akan dibangun sesuai rencana / mapping house. Dan yang lebih drastis lagi berimbasnya pada lamanya proses yang berhubungan dengan Notaris / pihak Yang bersentuhan Hukum Lainnya.

    Semoga hal ini tidak terjadi pada rekan yang lain.


    Salam bahagia selalu untuk anda dalam naungan rumah terbaru.

    ReplyDelete
  9. benar tuh kata mas mumpung masih single ,.

    ReplyDelete
  10. Halo All,

    Pada tanggal 28 Juni 2015, saya menyerahkan berkas kepada Developer. 2 Jun 2015, berkas lamaran KPR masuk ke BTN, dan pada hari ini, 9 Juli 2015 BTN telpon saya dan memberikan kabar bahwa KPR saya telah disetujui.

    Saat ini yang saya lakukan adalah menunggu SP3K dan Akad Kredit.

    Semoga rekan rekan juga akan mendapatkan kemudahan seperti yang saya dapatkan. Benar yang dikatakan pendahulu, rumah itu jodoh. Tuhan itu akan memberikan yang terbaik diwaktu yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti proses akad kreditnya lancar Mbak Astrin.....

      Delete
  11. Kalau berhalangan hadir pada saat wawancara dari pihak bank, apakah betul nantinya akan ketemu dengan pihak bank yang rese??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau berhalangan hadir akan dijadwalkan ulang untuk waktu wawancaranya. Tks

      Delete
  12. Saya baru ajuin kpr nih,berkas baru masuk tgl 18 oktober 2015..4 hari yg lalu hhee..brpa lama yah waktu buat wawancara?dan share jg dong saat wawancara apa saja yg ditanyain?berhubung ini pengalaman pertama ane gan...jadi aga deg degan hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu materi apa yang ditanyakan saat wawancara, soalnya dulu saya malah nggak diwawancara langsung saat apply KPR ke BTN. Mengenai rencana mas veri untuk apply ke BTN mungkin bisa dipertimbangkan lagi, coba baca dulu artikel saya yang satu ini plus komentar-komentarnya, saya sendiri untuk saat ini tidak merekomendasikan untuk mengambil KPR di BTN dengan berbagai pertimbangan dari pengalaman saya dan teman-teman selama lebih dari 3 tahun ini ambil KPR di BTN. Ini link artikel saya:

      http://www.polahku.com/2014/07/cicilan-kpr-yang-mencekik.html

      Delete
    2. Terimakasih mas soni share dan pengalaman nya,jika berkas lengkap memang acc bank nya jg cepat...pdhal saya wirsawasta..insaalloh minggu ini di agendakan buat akad kredit..sp3k saya udh keluar jum'at kemaren...pas akad baiaya apa saja yah yg harus disiapkan?

      Delete
    3. Terimakasih mas soni share dan pengalaman nya,jika berkas lengkap memang acc bank nya jg cepat...pdhal saya wirsawasta..insaalloh minggu ini di agendakan buat akad kredit..sp3k saya udh keluar jum'at kemaren...pas akad baiaya apa saja yah yg harus disiapkan?

      Delete
  13. Hanya pingin berbagi pengalama saja Boss,kl saya waktu ngajuin KPR terkesan mudah kok,saya booking fee tgl 8 September,sekalian ngumpulin persyaratan&berkas2nya,seminggu kemudian informasi dari developer bahwa BI Checking lo2s,2minggu kemudian saya di Interview by Phone dr pihak Bank BTN,seminggu kemudian atasan saya yg di interview,tepat 8 hari kemudian saya sudah di konfirmasi bahwa pengajuan KPR Saya di ACC oleh pihak Bank,bisa dikatakan kurang lebih prosesnya sekitar 2 bulan dari proses boking fee sampai konfirmasi ACC Bank.Ga' ada kesan dipersulit sih,walaupun sempat cemas juga nunggu keputusannya.Dan menurut saya juga kalau mau beli rumah itu seperti menjari jodoh,kalau emang rumah itu sudah berjodoh dgn kita,pasti semua proses akan berjalan lancar,Mudah2an pengalaman saya ini berguna bagi teman2 semua,Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, interview atasan itu via telpon juga?

      Delete
    2. mas, interview atasan itu via telpon juga?

      Delete
    3. mas, interview atasan itu via telpon juga?

      Delete
  14. Alhamdulilah ...ternyata memang pengajuan kpr tdak dipersulit yah,saya pengajuan berkas tgl 18 oktober ,dan kemaren tgl 6 november sp3k saya udah keluar...hari senin nanti akad kredit...semoga lancar yah hehe

    ReplyDelete
  15. Saya Tanggal 16 Jan 2016 Booking fee rumah lalu Tanggal 23 Januari bayar DP 1 dan tanggal 5 februari 2016 bayar DP 2 .. Sekalian Kasih berkas2 tapi setelah DP Kedua sampai saat ini tidak ada kabar lagi sudah 1 bulan Kantor pun ga di telpon oleh pihak BTN Jadi gimana ya ? Apa ga perlu ada panggilan wawancara ? Padahal rumah ready stock :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ditanyakan langsung (datang langsung) ke BTN-nya. Tapi saran saya lebih baik mengajukan KPR ke bank lainnya. Sekarang bunga KPR BTN termasuk yang tertinggi diantara bank-bank BUMN dan swasta, sekarang saja saya kena 14%. murah di awal promo, dan setelah promo habis ya mengejutkan kenaikan bunganya. Tks

      Delete
  16. mau tanya...
    1. Pengembang tuk DP dapat dicicil 6x. dan saya sudah melakukan wawancara pada tanggal 29 April 2016 yang saya bingungkan kepada siapa ya kita menanyakan di acc atau tidaknya soalnya sampai sekarang pihak bank belum melakukan konfirmasi-konfirmasi ?
    2. apakah lama proses dibank itu berbeda-beda setiap orang walaupun banknya sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kepada bagian KPR Bank mbak, atau bagian consumer loan.
      2. bisa berbeda-beda mbak, tergantung proses verifikasi oleh analis kreditnya.

      Terima Kasih

      Delete
  17. Saya ingin menyanakan beberapa hal tentang kpr namun sebagai pihak penjual

    Apakah sertifikat harus dikasih ke bank saat si pihak pengaju kpr sudah dapat spk?katanya buat pengajuan akad dan di cek ke bpn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara logika sertifikat asli tidak diberikan ke bank sebelum akad kreditnya, namun kalau fotokopinya mungkin diperlukan untuk verifikasi oleh analis bank-nya. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke costumer service (call center pusat) bank yang bersangkutan. Terima Kasih

      Delete
  18. Anonymous9:30 PM GMT+7

    Permisi saya mau tanya, Saya kredit KPR juga, sudah turun SP3K nya tetapi belum akad di PERUM A, Setelah lihat2 saya tertarik pindah ke PERUM B dengan alasan tersendiri, bisakah SP3K itu dibatalkan ? dan men DP rumah PERUM B mungkin DP KPR PERUM A hangus ga masalah. dengan Develover dan Bank yang sama, apa bisakah pengajuan saya di Terima ?

    ReplyDelete
  19. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  20. KABAR BAIK!

    Butuh kredit ekonomi yang mendesak?
    * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang Anda
    sebuah rekening bank
    * Tingkat bunga rendah dari 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan biaya bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibiayai? Setelah Anda mengirimkan aplikasi pinjaman Anda,
    Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    dari keuangan 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    darimu. Hubungi perusahaan yang sah dan berlisensi ini berwenang untuk memberikan dukungan keuangan untuk Semua
    Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan nilai tukar Dollar adalah 2% dari semua pinjaman

    Berikut adalah bentuk aplikasi pinjaman:

    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Lokasi: ..........................................
    Berbicara bahasa Inggris ? : ........................
    Agama:.................................
    Status: .......................................
    Jenis kelamin: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: .........................
    Pinjaman Durasi: ...................................
    sel nomor telepon pribadi: .......................
    pendapatan per bulan: .....................................
    Apakah Anda diterapkan sebelum:? ................................

    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    jika Anda tertarik kembali ke kita melalui ...

    Email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  22. untuk urusan KPR BTN memang mantap.

    ReplyDelete
  23. JANGAN Ignor SARAN INI
    Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    ^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com,
     Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

    ReplyDelete