Sunday, March 15, 2015

Masalah di BB Z3 Pasca Update OS 10.3.1.1565

Senang akhirnya, BB Z3-ku bisa ku update dengan OS terbaru 10.3.1.1565. Fitur, performa, dan Tampilannya pun mengalami peningkatan yang signifikan dari OS 10.2 begitu pula tampilannya lebih elegan.

Nah awalnya semuanya memuaskan, baterai lebih awet, nggak lekas panas, dan banyak fitur baru terutama Blackberry Blend yang useful nggak sekedar pemanis saja. Beberapa hari setelah menikmati fitur-fitur, ada sesuatu yang mulai aneh. Ketika lagi asik-asiknya surfing dengan browser native Blackberry, tiba-tiba saja browser-nya menutup sendiri dan hilang semua laman yang sedang kita buka. Begitu kita buka kembali browsernya tidak autorecovery alias hilang semua tab yang sebelumnya kita buka. Sepertinya ini merupakan bug OS 10.3.1.1565 yang belum banyak dibahas di forum-forum Blackberry.

Sepertinya sih sepele, namun coba kalau kita lagi melakukan transaksi internet banking melalui browser blackberry tiba-tiba window-nya menutup sendiri, dan kita harus membukanya kembali serta memulainya lagi dari awal. Nggak asik juga kalau kita lagi buka website yang nggak tahu alamatnya karena hasil dari googling dan sedang konsen-konsennya baca artikelnya, eh tiba-tiba langsung hilang karena browsernya menutup sendiri, jadilah kita membuka lagi melalui history browser.

Biasanya kejadian browser menutup sendiri itu karena HP kita kekurangan memori, biasanya diatasi sementara dengan menghapus cache ataupun cookies. Tapi dalam kasusku ini, memori internal HP masih sekitar 3GB dan masalahnya nggak selesai ketika kubersihkan cache maupun cookiesnya.

Aku nggak tahu apa masalah ini hanya melanda BB Z3 yag sudah diupdate atau BB-BB jenis lain semacam Q10, Z10, Z30, atau Q5 juga mengalami hal serupa? Entahlah, aku belum punya solusinya, tapi untungnya kejadiannya nggak sering-sering amat kok.

No comments:

Post a Comment