Wednesday, September 13, 2017

Mencoba Internet Banking Bank Syariah Mandiri

Halaman Awal Internet Banking BSM
Kalau nggak gara-gara ikut-ikutan program cicilan emas di Bank Syariah Mandiri, mungkin aku nggak bakalan buka rekening di Bank Syariah Mandiri (BSM). Anak usaha dari PT Bank Mandiri Tbk ini merupakan salah satu Bank Syariah yang perkembangannya cukup pesat di Indonesia. Bidang usaha BSM hampir mirip dengan bank-bank konvensional lainnya termasuk induknya, yang membedakan hanya proses bisnisnya dikelola dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang bagi sebagian umat muslim dirasakan lebih afdol.

Seiring perkembangan teknologi, BSM juga melengkapi layanan perbankannya dengan aplikasi mobile BSM ataupun internet banking BSM. Nah, kali ini saya akan membahas tentang fasiitas internet banking Bank Syariah Mandiri.

Ketika saya membuka rekening di BSM guna persyaratan auto debet untuk cicilan emas, saya memilih tidak perlu dilengkapi kartu ATM yang tentu ada biaya bulanannya tersendiri. Saya hanya minta rekening saya dilengkapi dengan fitur internet banking yang ternyata biaya bulanannya cukup murah Rp2000,- saja. Toh saya tidak berniat untuk melakukan tarik tunai di ATM BSM karena rekening ini tidak saya maksudkan untuk mengendapkan dana melainkan sebagai rekening transit sebelum didebet untuk keperluan cicilan emas. tapi saya tetap butuh layanan internet bankingnya guna mengecek saldo, atau kalau sewaktu-waktu kepepet butuh dana, dan yang tersisa hanya ada di rekening BSM agar bisa transfer ke rekening bank lain.

Sebelum bisa menggunakan internet banking BSM sepenuhnya, saya perlu mempunyai user ID, Password dan PIN otorisasi untuk bisa bertransaksi secara penuh melalui internet banking BSM. Ternyata demi alasan keamanan, pengiriman user ID, password dan PIN otorisasi dikirim dalam metode terpisah. User ID dan PIN otorisasi dikirim melalui SMS, sedangkan password dikirim melalui email.

Setelah mendapatkan ketiganya, kucoba login di https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/ dan berhasil login dengan sukses. Tampilan menu-menunya cukup sederhana, fitur-fiturnya juga tidak terlalu banyak, mirip seperti internet banking BRI Syariah, masih jauh baik fitur maupun menunya dari induknya. Namun, hal itu tidak masalah, toh aku tidak sering-sering menggunakannya, tujuan awalku hanya untuk melihat saldo ataupun mengetahu mutasi rekening yang terjadi. Itu saja sudah cukup.

Usai login langsung kuganti password dan PIN otorisasi agar mudah kuingat. Nah, yang menarik di sini adalah user ID-nya. USER ID-nya berupa angka acak yang susah diingat, dan sayangnya tidak bisa diganti, berbeda dengan sebagian besar bank-bank lainnya dimana user ID dibuat sendiri oleh nasabah agar mudah diingat. Jadi perlu dicatat tersendiri username-nya, karena hampir dipastikan lupa kalau tidak sering-sering buka internet bankingnya.

Mengenai segi keamanannya, saya rasa sudah cukup terjamin, karena setiap transaksi perlu menggunakan PIN Otorisasi dan Token yang akan dikirimkan melalui SMS. Jadi nggak perlu ragu menggunakan fasilitas internet banking BSM ini. Semoga BSM memperbanyak fitur-fitur di layanan internet bankingnya, sehingga semakin memanjakan dan memudahkan nasabahnya.


No comments:

Post a Comment