Wednesday, September 27, 2017

Gampang-gampang Susah Menghubungi Customer Service Digibank

Setelah sekitar 2 minggu menggunakan aplikasi Digibank by DBS, aku mengalami beberapa kendala salah satu diantaranya adalah transfer online yang tidak bisa ke Bank Mandiri Syariah, padahal ke Bank lain ok ok aja. Kondisi tersebut, sedikit menggangguku dan membuatku penasaran. Apa ada bug di aplikasi digibank-nya, apa memang tidak support untuk transfer online ke Bank Mandiri Syariah, atau ada faktor lain. Nah, untuk mengobati rasa penasaranku, kuhubungilah customer service Digibank yang memang hanya bisa dihubungi melalui aplikasi.

Sebenarnya digibank menyediakan fitur "Tanya Virtual Assistant" yang mana, si asisten virtual alias mesin atau suatu program komputer yang menjawab pertanyaan kita dengan-standar-standar jawaban yang sudah disetting sebelumnya. Tentunya aku tidak puas dengan virtual assistant itu, apalagi seringkali jawabannya agak melenceng jauh dari apa yang kita tanyakan. Jadi tidak ada cara lain harus berbicara dengan Customer Service (CS) yang manusia beneran.

Aplikasi Digibank memang tidak mencantumkan nomor telepon CS yang sewaktu-waktu dapat kita hubungi, melainkan mereka hanya menyediakan fitur Live Chat dengan Customer Service. Lalu, gimana cara mengakses Live Chat, kan tidak kelihatan fitur itu di aplikasi digibank? Caranya cukup mudah, kita akses fitur "Tanya Virtual Assistant", alih-alih kita ketik keluhan kita, yang seharusnya kita ketik agar bisa berhubungan dengan CS-nya langsung adalah kata "Live Chat". Nanti ada proses loading , dan akan muncuk opsi "Chat dengan Agen Kami". Kita klik opsi chat dengan agen, kita tunggu nanti kalau tersambung, akan ada agen yang menyapa kita melalui live chat dan bertanya apa pertanyaan atau keluhan kita. Cukup mudah danpraktis sekali.

Ternyata pengalaman sekali mengakses Live Chat yang sangat mengesankan, belum terulang lagi pada kesempatan berikutnya. Beberapa hari kemudian ketika aku mengalami masalah transfer online ke bank mandiri syariah, dan aku butuh bantuan customer service digibank untuk menjawab pertanyaanku atau memberikan solusinya, eh ternyata tidak ada agen yang merespon, alias di aplikasi bahwa si agen semuanya sedang sibuk, dan di aplikasi ada pesan kalau mereka akan segera menghubungi kita dalam jangka waktu 1x24 jam. Tapi selama berhari-hari tidak ada yang menghubungi saya.

Baru siang ini (saat saya sedang menulis artikel ini), setelah beberapa hari saya coba live chat, akhirnya berhasil juga chat dengan salah satu customer service digibank. Saya menanyakan tentang keluhan tidak bisa transfer ke Mandiri Syariah, dan si CS menyarankan saya untuk mengirim screenshot yang tampil di aplikasi ke alamat email: DBSICustomerCentre@dbs.com.

Satu keluhan lumayan dapat tanggapan. Nah, keluhan berikutnya adalah mengenai cash reward pembukaan rekening yang di website digibank dijanjikan maksimal 5 hari, ternyata tadi saya mendapat jawaban dari CS akan diproses dalam 21 hari kerja sejak pembukaan rekening, haha..... ya sudah lah. Ngalamat cashback-cashback yang lain seperti cashback belanja di Bukalapak ataupun cashback top up gojek juga bisa molor juga, hehe.... tapi nggak masalah itu yang penting masih gratis transfer ke bank lain.

Oiya.... ada yang aneh saat aku live chat, terutama ketika aku mengetik chat-nya. Saat aku mengetik tulisanku tidak muncul di layar HP, alias kosong, jadi agak ragu ketika klik tombol send, karena ragu sudah benar atau tidak ya ketikan kita, takutnya salah ketik, baru ketahuan ketikan kita saat kita 'send'. Mungkin ini salah satu bug aplikasi digibank yang harus diperbaiki oleh tim IT-nya, tapi kurang tahu juga kalau di IOS mengalami maslaah serupa nggak ya.

Meskipun masih ada kekurangan minor disana-sini, aku patut mengacungi jempol dengan digibank bu DBS ini yang menawarkan pengalaman baru dalam layanan perbankan di Indonesia. Ayo Bank-bank BUMN jangan mau kalah dong sama DBS, buat juga dong digital bank seperti Digibank yang fiturnya banyak memanjakan nasabahnya.


No comments:

Post a Comment