Friday, September 22, 2017

Nyobain Buka Rekening Digibank by DBS (part 2)

Kartu debit Digibank by DBS dikirimkan dalam sebuah amplop sebesar lebih kecil dari kartu pos yang cukup tebal berwarna kuning, warna khas DBS dan tersegel di ketiga sisinya. DI segelnya ada keterangan, kalau segel dalam keadaan rusah diminta kita untuk menolaknya dan segera melaporkan ke kantor cabang DBS terdekat.

Kemasannya cukup unik menurutku. Kartunya berwarna kuning doff yang dimasukkan ke dalam wadah kartu dari kulit sintetis berwarna merah. Cukup simpel dan elegan. Kartu debitnya berupa kartu VISA bukan Mastercard atau lainnya.

Kartu belum bisa digunakan jika belum diaktivasi melalui aplikasi mobile digibank. Kubuka menu aktivasi kartu debit di aplikasi digibank. Disitu kita diminta memasukkan CVV (3 nomor terakhir di belakang kartu) untuk diverifikasi secara online. Kartu debitku pun aktif dan siap digunakan untuk berbagai macam transaksi. Oiya kartu debit digibank ini tidak seperti kartu debit lainnya, melainkan mirip bisa digunakan layaknya kartu kredit, bedanya kartu debit digibank ini, langsung mendebit rekening kita. Tapi kalau untuk cicilan bisa nggak ya ??? Oiya saat ini sedang ada promo  di Bukalapak, kalau pembayaran menggunakan kartu debit Digibank by DBS bisa mendapatkan cashback 50% (maksimal cashback Rp50 ribu), lumayan kan.... Bisa juga dipakai untuk nonton di XXI tertentu Buy One Get One setiap hari kamis, cocok buat kalian psangan yang hobi nonton.

Rencana semula amku menunggu dapat cash reward Rp50ribu, sebelum aku mentransfer sejumlah dana ke rekening digibank-ku. Tapi yang kutunggu-tunggu ternyata tidak muncul juga, padahal sudah lebih dari 5 hari kerja sejak aku membuka rekening digibank. Maksimal 5 hari kerja adalah waktu maksimal untuk diberikannya cash reward setelah pembukaan rekening, tapi ternyata lebih dari itu, sampai saat tulisan ini kutulis aku belum mendapatkan cash reward. Ya sudahlah..... toh kemarin aku sudah bertanya ke CS-nya melalui fasilitas Live Chat di aplikasi Digibank yang menyatakan kalau aku akan mendapatkan cash reward antara 5-7 hari kerja, agak berbeda dengan kebijakan yang di-publish di websitenya. Tapi nggak masalah, yang penting aku bisa segera memanfaatkan fitur-fiturnya terutama yang gratis biaya transfer antar bank.

Tak sabar menunggu cash reward akhirnya aku mentransfer sejumlah Rp5 juta ke rekening Digibank. Transaksi pertama yang kulakukan adalah Top Up saldo Gojek melalui fitur transfer sebesar Rp100 ribu, yang nantinya dijanjikan cashback sebesar Rp50ribu  sekitar seminggu kemudian. Transaksi kedua adalah Top Up TCash Telkomsel sebesar Rp150 ribu melalui fitur transfer yang ternyata juga free nggak dikenakan charge Rp6.500,- padahal Telkomsel sendiri akan memberikan cashback sebesar biaya administrasi Rp6.500 jika melakukan top up tcash melalui fitur transfer, jadi dobel untungnya, hehe.....

Transaksiku yang ketiga adalah pembelian token listrik di Bukalapak. Kupilih Bukalapak karena BUkalapak bekerjasama dengan DBS mengadakan promo cashback 50% (maksimal cashback Rp50.000) untuk pembayaran menggunakan kartu debit DBS. Kubeli token listrik nominal 200.000 seharga Rp202.000,-. Agar mendapat cashback 50% dari Digibank maka kupilih pembayaran kartu kredit, dan kumasukkan nomor kartu debit DBS, expired date, dan CVV layaknya bertransaksi menggunakan kartu kredit. Ternyata ketika menggunakan kartu kredit ada tambahan Rp3.030- atau 1,5% dari nilai transaksi. Jadi total yang harus kubayar Rp205.030,- Ketika kuklik tombol bayar, OTP segera dikirimkan ke nomor HP-ku yang terhubung dengan akun Digibank. Jadi transaksi dengan kartu debit DBS di Bukalapak kurasakan cukup aman karena diverifikasi secara online oleh sistem 3D Secure dan perlu OTP untuk verifikasinya.

Oiya, untuk sementara ini membuka rekening Digibank hanya bisa dinikmati oleh warga yang berdomisili di Jabodetabek (termasuk yang punya KTP selain Jabodetabek), karena mungkin ini masih semacam pilot project, kalau sukses pasti akan segera direkrut agen-agen digibank di daerah untuk melayani calon nasabah potensial di daerah.

Semoga gratis ini itunya bisa selamanya ya Digibank, hehe.......

BACA juga: Nyobain Buka Rekening Digibank by DBS (part 1)

No comments:

Post a Comment