Wednesday, May 15, 2013

Penyedia Layanan Domain dan Webhosting Terpercaya

Beli domain dimana ya? Seringkali pertanyaan itu timbul di benak kita, manakala kita ingin punya domain sendiri, tidak ada embel-embel wordpress.com ataupun blogspot.com. Nah persoalannya, banyak penyedia domain atau webhosting yang menawarkan harga murah, namun apakah semuanya bisa dipercaya dan bagus layanan purna jualnya?

Berdasarkan pengalamanku, IDwebhost perlu diacungi jempol. Perusahaan jasa penyedia domain dan webhosting yang berpusat di Kota Pelajar Yogyakarta ini memiliki reputasi yang bagus. IDwebhost menawarkan berbagai paket dengan harga yang relatif murah namun tetap memberikan pelayanan yang memuaskan.

Hampir 2 tahun yang lalu aku coba-coba membeli domain web.id seharga 35ribu untuk satu tahun berlangganan. Domain yang aku beli itu kusetting untuk foward ke halaman salah satu blog-ku. Setahun berjalan, tidak kuperpanjang domainnya karena blog-ku yang satu itu jarang kuupdate.

Sudah lebih dari 5 tahun ini sebenarnya aku mempunyai sebuah blog pribadi gratisan dari layanan blogger. Sudah dari beberapa tahun yang lalu aku ingin membeli domain untuk blog ini namun niat itu selalu kuurungkan, karena sepertinya sayang aja membayar sejumlah uang yang lumayan bisa untuk makan beberapa hari hanya digunakan untuk domain blog yang belum tentu aku rajin meng-update-nya. Namun, beberapa minggu terakhir ini semakin kuat keinginanku mempunyai sebuah blog dengan nama domain berbayar.

Jadilah hari ini aku memutuskan untuk membeli domain di IDwebhost dengan nama polahku.com. Ternyata nama itu masih tersedia dan kebetulan saat ini lagi ada promo untuk pembelian domain .com di IDwebhost mendapat diskon menjadi Rp63.000,- dari semula harga normal Rp89.000,-. Langsung aja tanpa pikir panjang aku membelinya. Mengapa aku memilih beli di IDwebhost? Berikut beberapa pertimbanganku:
  1. Harganya relatif lebih murah daripada kompetitornya apalagi saat promo seperti saat ini.
  2. Proses Konfirmasi dan Approval-nya tergolong cepat dan mudah. Kita bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit, paypal, ataupun transfer dari berbagai bank nasional terkemuka. Kebetulan aku tadi menggunakan transfer melalui internet banking Mandiri.
  3. Database kita tersimpan rapi. Karena dulu aku sudah pernah membeli domain dari IDwebhost maka otomatis aku menjadi membernya. Ternyata walaupun sekian lama aku tidak memperpanjang domainku, keanggotaanku di IDwebhost tidak dihapus, sehingga proses pembelian domain baru pun lebih mudah, tidak perlu verifikasi menggunakan scan/fotokopi KTP ataupun mendaftar keanggotaan secara manual yang lumayan memakan waktu. Jadi setelah transfer dan kita konfirmasi, domain baru kita sudah otomatis di-approve.
  4. Layanan Purna Jual Memuaskan. Saat aku mengalami kesulitan dalam me-manage DNS Server karena domainku ingin kuintegrasikan dengan blog  gratisanku di blogspot, kuhubungi Live Support Online dari IDwebhost yang menurut mereka standby 24 jam untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggannya. Aku chit chat dengan customer supportnya yaitu mas Ahmad yang sangat responsif dan sabar menjawab pertanyaanku. Yang pada akhirnya aku langsung dibantu me-manage DNS server-nya. Sekarang domain blog-ku ini sudah berubah menjadi www.polahku.com

No comments:

Post a Comment