Monday, May 13, 2013

Cinta Bioskop 2

Kegemaranku nonton bioskop berlanjut ke  Jakarta. Sejak Januari 2009 aku tinggal di Jakarta, kebetulan Bioskop yang representatif dan relatif dekat dengan kosku di Kebon Jeruk saat itu adalah Studio 21 di Blok M Plaza. Sering sepulang kerja atau weekend aku nonton di Blok M Plaza, atau kalau pengen yang lebih murah karena kantong mepet aku nonton di Studio 21 Blok M Square yang letaknya bersebelahan dengan Blok M Plaza. Memang untuk rilis film-film internasional terbaru, Blok M Plaza lebih up to date. Tidak banyak memang bioskop yang kusambangi di Jakarta. Selain dua bioskop yang kusebutkan tadi, aku hanya pernah nonton di XXI Pondok Indah Mall 2, Semanggi 21, XXI Gandaria City, dan Bintaro 21 (di Tangerang Selatan). Tiket XXI memmang lebih mahal sedikit daripada Studio 21, namun tidak berbeda signifikan dalam hal kualitasnya.

Namun ada satu keinginanku menonton bioskop yang belum kesampaian sampai saat ini yaitu nonton di Bioskop IMAX 3D di Gandaria City. Berkali-kali aku ingin menonton di IMAX selalu habis tiketnya, padahal harga tiketnya tergolong mahal Rp50rb untuk week days, dan Rp100rb untuk week end. Mungkin untuk beli tiket IMAX 3D khususnya film-film box office aku perlu memakai fasilitas M-Tix, atau beli dari 'calo-calo' tiket bioskop yang bertebaran di kaskus. Sebenarnya aku pernah nonton di IMAX namun masih Dua Dimensi (2D) yaitu di Teater Keong Mas di Kompleks TMII. Meski 2D, namun kualitas gambar dan efeknya sungguh memukau, apalagi yang 3D ya.....

Sewaktu masih kos di Jakarta aku seringkali ditemani teman kosku yang juga teman sekantorku untuk nonton di bioskop. Atau kalau aku lagi pengen nonton sendiri, ya aku tinggal ngacir saja ke Blok M.

Kebiasaanku nontonku tidak berakhir saja di Jakarta. Saat aku pindah tugas ke Balikpapan aku pun melanjutkan hobiku yang satu itu. Kebetulan saat aku pindah ke Balikpapan, sedang dibuka Blitz Theater di Plaza Balikpapan. Jika di Jakarta aku hanya nonton di jaringan bioskop 21, kebalikannya di Balikpapan, aku selalu nonton di jaringan Blitz. Maklum di Blitz Theater harga tiketnya jauh lebih  murah daripada di jaringan bioskop 21. Di Balikpapan sebetulnya ada 2 XXI yaitu di Balcony City, dan E-Walk. XXI di Balcony City harga tiketnya sedikit lebih mahal dari Blitz Theater namun seringnya muter film lokal yang akhir-akhir ini kualitasnya kurang memuaskan. Sedangkan di XXI E-Walk memang film-film box officenya tergolong up to date,  namun menurutku kurang familier dengan kondisi kantongku, he he.....(maklum anak kos).

Jadi karena murah, Blitz Theater-lah favoritku untuk nonton di Balikpapan. Selain itu di Blitz tiketnya bisa dibeli secara online dengan Blitzcard ataupun kartu kredit CIMB Niaga plus bisa milih langsung tempat duduknya. Jadi untuk nonton premier film-film Box Office, tidak perlu lagi antre. Tinggal beli online, pilih kursi, dapatlah Booking Code dan Passkey, yang akan kita masukkan di mesin pencetak tiket (Blitz machine) di Blitz Theater dan tercetaklah tiket kita. Coba bandingkan jika kita harus antre di loket Blitz Theater Balikpapan yang sangat menjengkelkan. Gimana tidak, loket penjual tiket sama penjual snack jadi satu, jadilah pengantre relatif menunggu lama karena petugas tiket juga melayani pesanan snack dan minuman, apalagi kalau antrean di depan kita adalah segerombolan anak-anak kecil yang sangat lama menentukan kursi tempat duduk ditambah lagi dengan memesan berbagai macam snack. Aku sempat berpikir, "Ini manajemennya yang goblok atau efisiensi pekerja ya?, jika begini caranya para pelanggan bisa kapok antre di Blitz!". Padahal setahuku di Bioskop Blitz lainnya semisal Paris van Java Bandung, penjualan Tiket dan Snack itu terpisah, ini di Balikpapan kok malah dijadikan satu. Untungnya sekarang aku bisa beli online dengan CIMB Niaga Credit Card. Seperti kemarin saat premier Iron Man 3 tanggal 25 April 2013, aku beli 8 tiket satu deret di tempat yang paling strategis, udah gitu dapat diskon 25%. Bahkan aku sempat dititipi anak didikku untuk membeli secara online di Blitz 25 tiket Iron Man 3 untuk satu kelas usai mereka mengikuti ujian. Sangat memuaskan!

Coba jaringan bioskop 21 memberikan alternatif pembelian tiket secara online tidak hanya pakai M-Tix melainkan bisa memakai kartu kredit atau semacam Mandiri Clickpay, BCA Clickpay, ataupun E-pay BRI, pasti akan lebih banyak penontonnya. Para eksekutif muda yang ingin nonton selepas jam kantor ataupun akhir pekan pasti tidak mau waktunya terbuang percuma untuk sekedar antre tiket atau mengisi top up M-TIX yang merepotkan. Dan untuk hal ticketing, Blitz aku anggap selangkah lebih maju daripada jaringan Bioskop 21.


No comments:

Post a Comment