Tuesday, December 22, 2015

Pembatalan Penerbangan Sepihak Kalstar Aviation

Rute Kalstar dari Surabaya ke Beberapa Kota di Kalimantan
Seperti tahun-tahun sebelumnya, akhir tahun ini bertepatan dengan libur natal dan tahun baru, aku ambil cuti selama empat hari dan berencana untuk pergi liburan dengan keluarga kecilku di Jawa Timur. Tentunya aku sudah punya tiket Pontianak - Surabaya pp pada tanggal 24 Desember 2015 dan balik pada 3 Januari 2016.

Aku memilih Kalstar karena penerbangannya paling pagi diantara maskapai lainnya rute Pontianak - Surabaya yaitu Citilink dan Lion Air. Jadwal penerbanganku dengan Kalstar hari kamis esok rencananya pukul 7 pagi, namun kemarin aku mendapatkan SMS dari Kalstar Pontianak jika penerbanganku dimundurkan satu jam menjadi pukul 8 pagi dan harus sudah check in jam 06.30 WIB.

Nah, tiba-tiba pagi tadi jam 10 kurang aku mendapat SMS lagi dari Kalstar Pontianak yang menyatakan bahwa penerbangan Kalstar Rute Pontianak -Surabaya tanggal 24 Desember 2015 s.d. 1 Januari 2016 ditiadakan dikarenakan trouble pada pesawat dan tiket dapat di-refund full. Paniklah aku saat itu, sangat marah dan khawatir tidak bisa pulang liburan akhir tahun ini karena mungkin tiket pesawat lain sudah habis.

Nggak mau menduga-duga, langsung kubuka aplikasi Traveloka di iPad dan coba kuketik rute Pontianak - Surabaya pada tanggal 24 Desember, ternyata masih ada, yaitu maskapai citilink. Sebelum kuproses pembayaran, aku sempat mencari-cari di website traveloka kali aja ada diskon hari ini, karena akhir-akhir ini traveloka banyak diskon. Benar juga ternyata khusus hari Ibu hari ini 22 Desember ada diskon Rp125.000 untuk pembelian tiket pesawat minimal Rp1juta khusus pembelian melalui aplikasi Traveloka, bukan melalui website Traveloka. Nah, tiket citilink ternyata harganya lebih dari 1 juta maka kumasukkan kupon diskon PASTI125 di halaman pembayaran traveloka dan voila.... bener diskon Rp125ribu, jadinya cuma kubayar tiketnya senilai Rp998.371,- Alhamdulillah....

Temanku  yang punya tiket Kalstar juga akhirnya beli juga tiket citilink melalui aplikasi Traveloka dan dapat diskon Rp125ribu. Beres dengan tiket pengganti, pagi itu juga kami langsung meluncur ke kantor perwakilan Kalstar Pontianak di Jalan Tanjungpura untuk melakukan refund. Sebelumnya temanku sempat telepon, untuk refund perlu menunjukkan tiket dan fotokopi KTP dan proses refund-nya akan berlangsung selama 3 hari.

Sampai di Kantor Kalstar, masih sepi saat itu, langsung kami menuju petugas customer service. Kusodorkan tiket dan fotokopi KTP. Karena penjelasan customer service menyatakan refund berlangsung selama tiga hari, maka spontan aku naik pitam dan minta untuk di-refund secara tunai saat itu juga. Si CS-pun berusaha menenangkanku, dan untungnya aku bisa segera meredam emosiku dan si CS yang perempuan menyatakan bisa me-refund saat itu juga. Kutunggu kurang lebih 10 menit akhirnya aku dan temanku mendapatkan uang kami kembali. Gimana nggak emosi, lha wong pembatalan mendadak eh malah refundnya berhari-hari, untung saja masih aku ngeh saat itu ada sms pembatalan dan segera cari tiket pengganti.

Pulang dari kantor Kalstar aku tertawa geli, uang refund-nya ternyata lebih banyak daripada uang yang kukeluarkan untuk beli tiket dulu, soalnya saat aku beli tiket di tiket.com kalau nggak salah ingat dapat diskon sekitar Rp110ribu. He he, lumayan..... Mungkin tadi kalau nggak marah-marah nggak dapet deh uang refund-nya, terkadang kemarahan itu berguna ya, haha.....

Mungkin kalau aku datang lebih siangan ke kantor Kalstar tidak bisa langsung refund, untungnya saat itu mereka masih punya uang cash. Hix... Oiya ternyata trouble pesawat yang dimaksud dalam SMS dari Kalstar Pontianak adalah Pesawat Kalstar yang tergelincir di Bandara El Tari Kupang pada hari senin kemarin.


No comments:

Post a Comment