Saturday, October 19, 2019

Tol Serpong - Kunciran Segera Beroperasi?

Tol sepanjang +- 11 km yang menghubungkan kawasan Serpong dengan Kunciran/Alam Sutera saat ini sudah hampir selesai. Tol yang merupakan bagian dari JORR 2 ini keberadaannya sangat krusial, karena keberadaannya nanti diharapkan bisa mengurangi kemacetan di JORR  ruas barat karena tol ini menghubungkan antara Tol BSD dengan Tol Jakarta - Tangerang. Tol ini nanti juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran - Cengkareng (Bandara) di sisi utara, dan Tol Serpong - Cinere di sisi selatan.

Dibandingkan dengan tol Serpong - Cinere ataupun Kunciran - Cengkareng, Tol ini menunjukkan progres pembangunan yang paling signifikan, dan tinggal finishing hal-hal minor. Marka jalan sudah ada, Lampu jalan sudah terpasang, Gerbang Tol juga sudah jadi, pagar pembatas dengan kampung warga juga sudah jadi, jembatan maupun overpass sudah selesai semua dan sudah dioperasikan, dan yang paling urgent Interchange di Serpong dan Interchange di Kunciran juga sudah siap beroperasi semua.


Selain keluar masuk melalui interchange, Tol ini juga dilengkapi akses keluar masuk yaitu Gerbang Tol Jelupang menuju kawasan Residence One/BSD dan Gerbang Tol Parigi menuju kawasan Bintaro Jaya/Graha Raya.


Jika tol ini sudah beroperasi, maka warga BSD jika mau ke tol Jakarta Tangerang tidak perlu lagi bermacet-macet ria dulu di Jalan raya Serpong atau memutar jauh melalui tol BSD lanjut JORR. Begitu pula warga Bintaro Jaya yang langsung mendapat akses langsung dari Boulevard Bintaro Sektor 7 menuju Gerbang Tol Parigi akan lebih mudah mengakses Tol Jakarta-Tangerang.



Jika Tol Kunciran - Cengkareng sudah jadi dan tersambung dengan Tol Serpong - Kunciran maka ke bandara dari BSD ataupun Bintaro Jaya bisa-bisa tidak sampai 30 menit. Semoga dalam waktu dekat, tol ini sudah bisa dibuka untuk umum.

No comments:

Post a Comment