Saturday, March 7, 2015

Pengalaman Bersama Google Adsense, Affiliate Lazada, dan Idblognetwork

Google Adsense, suatu topik yang menarik buat yang hobi ngeblog, bikin website, ataupun upload video di youtube jika pengen dapat tambahan uang 'jajan' dari google yang jumlahnya bisa bukan main kalau ditekuni.

Ketika itu pertengahan dekade 2000-an dimana aku masih kuliah, aku baru kenal apa yang namanya blog. Kubuatlah blog tentang mobile phone dalam Bahasa Inggris sekalian itung-itung belajar nulis dalam bahasa Inggris. Lumayan rame blogku saat itu. Dan karena saran dari teman kosku yang mahasiswa IT, kudaftarkan blogku itu program google adsense. Pada saat itu google adsense belum support untuk web/blog berbahasa Indonesia, jadilah blogku dengan sukses diterima dalam program google adsense.

Recehan sen demi sen masuk di account google adsenseku. Namun, saat itu aku cuma iseng saja, dan tidak bermaksud untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense. Karena tidak ada yang menjadi sumber Motivasiku untuk menulis bahkan iming-iming dollar sekalipun dari adsense, blogku pun mulai jarang ku-update, apalagi setelah aku bekerja, lupa akan keberadaan blog itu, sampai akhirnya ketika aku teringat kembali akan google adsense, akunku sudah dinonaktifkan oleh google. Oh sayangnya.... Coba kalau dulu aku tekuni, udah lumayan tuh... Hehe... Mimpi kali yee...

Nah, pertengah tahun 2013 kubeli Top Level Domain (TDL) (dot) com seharga 60rb kalau gk salah untuk satu tahun. Karena sudah beli domain untuk blogku ini, jadilah ada semangat lagi untuk lebih produktif menulis. Sayang kan sudah beli domain nggak diupdate blognya.

Iseng-iseng kucek peringkat blogku di Alexa Rank, ternyata sudah lumayan peringkatnya. Aku pun teringat kembali dengan google adsense jadilah ku-apply kembali google adsense. Namun apa yang terjadi? Berkali-kali aku apply dengan berbagai alamat emailnya ditolak terus, entah sudah berapa banyak email balasan dari google berisi penolakan karena blogku melanggar ini itulah, nggak jelas bagian mana yang melanggar TOS Google Adsense, padahal tulisanku tidak ada satu pun yang copy paste, sebagian besar gambar dari dokumen pribadiku sendiri, kalaupun ada gambar lain yang tidak milikku kucantumkan lengkap sumbernya. Mungkin karena blogku temanya nggak jelas kali ya, alias blog gado-gado akhirnya google pun tidak meliriknya dalam artian kurang mempunyai nilai tambah.Tapi aku yakin meski blog gado-gado, blogku ini punya nilai tambah tersendiri, yaitu artikel kutulis dengan gaya bahasaku sendiri yang lebih menekankan penulisan jenis reportase ataupun opini. Ya sudahlah kalau ditolak google, yang pasti si Mbah Google nggak bakal mempan kujampi-jampi mantra dari dukun agar menerima 'cintaku'.

Kecewa ditolak melulu oleh google menjadikanku sangat menyesal dulu akun google adsense-ku kusia-siakan. Sekarang susah banget daftarnya. Jadilah aku mencari alternatif lain. Ternyata selain adsense yang sistemnya pay per click, adapula yang namanya affiliate. Kebetulan Lazada sedang getol-getolnya mencari mitra affiliate.

Sistem affiliate ini baru akan dibayarkan jika seorang pengunjung blog kita mengklik iklan affiliate dan kemudian melakukan transaksi sampai pembayaran berhasi. Jadi kalaupun pengunjung mengklik iklan tapi tidak jadi membeli produk iklan tersebut, kita sebagai publisher (pemilik blog) tidak akan dibayar.

Nah,karena aku sering belanja online di Lazada, maka aku akan mengklik iklan affiliate lazada di blogku dan kuselesaikan transaksinya, agar komisinya bisa masuk ke akunku. Nggak seperti google adsense yang melarang kita mengklik iklan kita sendiri, sistem affiliate yang terpenting terjadi deal pembelian barang produk si affiliate.

Rupiah demi rupiah terkumpul dari komisi affiliate, yang sebagian besar atau mungkin seluruhnya berasal dari transaksiku sendiri? Dan tiba-tiba di rekeningku dikreditkan sekitar Rp150 ribuan, jumlah yang relatif kecil, tapi cukup menghiburku. Seharusnya bisa lebih dari itu, karena sekitar separuh nominal yang te-record di akun affiliate lazada-ku tidak diperhitungkan.

Bulan-bulan Akhir tahun 2014 kemarin Lazada mengganti sistem affiliate-nya, jadinya akun lamaku hangus beserta nominal yang belum dibayarkan, padahal nilainya lumayan meski nggak sampai satu juta. Aku pun punya akun affiliate lazada yang baru. Akhir tahun kemarin Lazada diskon besar-besaran dan aku pun kalap belanja sampai hampir 10 juta, dan tentu kuklik lewat iklan affiliate lazada di blogku, agar komisinya masuk ke akunku, kan lumayan tuh.... Tapi apa yang terjadi, meski nominal transaksiku lumayan besar, tapi tak satu pun transaksiku yang di record sistem affiliate lazada yang baru alias Rp0 komisinya. Jengkel akan sistemnya yang nggak jelas, ku-remove lah semua script affiliate lazada di Blogku. PERCUMA! Lazada harus memperbaiki sistem affiliate-nya itu, bukannya tambah bagus, eh malahan jadi abal-abal! Lebih bagus sistem yang lama, lebih simpel dan praktis!

Kecewa dengan Affiliate Lazada, aku pun mencari PPC lokal yang terpercaya, IDblognetwork lah pilihanku. Perlu beberapa hari untuk di-approve sebagai mitra. Meskipun IDblognetwork ini sangat bisa dipercaya, tapi konten iklan yang muncul jumlah dan frekuensinya sangat sedikit. Kadang ada iklannya, kadang tidak. Lha wong yang selalu ada iklannya saja seperti google adsense saja belum tentu diklik oleh pengunjung, apalagi ini iklannya munculnya musiman. Tapi meskipun jarang ada iklan, aku masih percaya denga IDblognetwork. Sampai dengan akhir Februari kemarin aku masih sering bongkar pasang antara script iklan affiliate Lazada dan IDblognetwork. Aku masih berharap lazada memperhitungkan transaksiku dulu, tapi ternyata tidak dihitung sama sekali meskipun sudah lebih dari 2 bulan, akhirnya kucopot permanen script affiliate Lazada.

Nah, iseng-iseng kulihat berapa sih penghasilanku dari IDblognetwork ternyata hanya Rp500 dari iklan bentuk static banner dan Rp1500 dari flash banner. Per klik baik iklan jenis static banner ataupun flash banner dihargai Rp500,-. Akhirnya script IDblognetwork terpaksa harus kucopot dan kuganti dengan google adsense setelah apply-ku diterima oleh google, maaf ya idblognetwork..... (Bersambung....)

Baca: Pengalaman Lika-Liku Proses Approval Google Adsense

21 comments:

  1. Menarik juga lika liku pengalamannya mas...
    Apa yang mas tulis diatas, sekarang sedang saya jalanin...
    Saya pasang GA dan idblognetwork di blog saya hehehe...
    Salam kenal mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Pujangga Maya....

      Semoga sukses dengan GA dan Idblognetwork-nya

      Delete
  2. terima kasih sharing pengalamannya mas, saya jadi tahu mana yang bagus dan tidak...

    ReplyDelete
  3. Thx sharing pengalamannya, saya sekarang lagi pasang semua (GA, KlikSaya, IDBlogNetwork, KumpulBlogger, BliBli) plus PPA dari AccessTrade & Lazada, tapi memang sudah kepikiran untuk buang Lazada, nggak pernah ada klik soalnya hehehe...

    ReplyDelete
  4. Tambah Pengalaman ni mas.. kemaren sempet pengen pasang afiliate dari lazada, tw gini jadi males mas.. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih kunjungannya Mas Putz

      Delete
  5. Mencari rupiah dari internet memang susah ya mas...mudah-mudahan Adsense sekarang bisa menghasilkan seperti yang diinginkan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuncinya cuma satu, rajin-rajin menulis, hehe...
      Tks

      Delete
  6. wah lika-liku ya perjalanannya di online marketing. itu yang belanja sampe 10 juta, apa aja yang dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa mbak anak muda, hehe....

      Delete
  7. Saya juga pernah pasang banner lazada tapi gak menghasilkan sama sekali dan akhirnya saya buang ke laut. dan sekarang hanya main google adsense

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses selalu dengan google adsense-nya Mbak Ida....

      Delete
  8. Saya juga lagi nyoba main Adsense sama Lazada Affiliate. Lazadanya sih nggak pasang banner, cuma main deeplink saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses selalu dengan adsense dan affiliate-nya Mas....

      Delete
  9. wah, sya pengen nyoba affiliate jg tapi masih nyari referensi

    ReplyDelete
  10. Walaah, kok bb.z3 pnya aku gk bisa y, udah aku reset brp x ttp aja gk bisa masih kurang 185mb, aku bingung hrs cara apa lagi

    ReplyDelete
  11. pengalaman yang tak mnegasyikkan ya mas, mudah-mudahan pihak lazada membaca tulisan ini

    ReplyDelete
  12. terimakasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  13. makasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete