Saturday, October 21, 2017

Masakan Ayam Lodho Khas Tulungagung

Ayam Lodho Tulungagung
Tulungagung, suatu kota kecil di Jawa Timur bagian Selatan, diapit oleh kabupaten Blitar di Timur, Kediri di Utara, dan trenggalek di Barat, di Selatan langsung berbatasan dengan Samudra Indonesia. Kota ini dulu terkenal sebagai penghasil marmer berkualitas bagus, Marmer untuk membangun Monas dan Masjid Istiqlal kemungkinan besar didatangkan dari Tulungagung.

Selain terkenal sebagai penghasil marmer, Tulungagung juga mempunyai berbagai macam kuliner yang menggoyang lidah, salah satu kuliner yang terkenal adalah Ayam Lodho. Masakan ini mirip dengan opor yang membedakan adalah perlakuan terhadap daging ayamnya. Kalau opor daging ayam mentah langsung dimasak bersama santan dan rempah lainnya, kalau memasak ayam Lodho dengan proses yang lebih panjang, yaitu sebelum dimasak dengan santan dan rempah, daging ayam dibakar terlebih dahulu sehingga ada sedikit rasa dan aroma sangit-sangit-nya (aroma asap).

Yang membedakannya lagi adalah kalau opor biasanya tidak dimasak pedas, kalau ayam lodho dimasak pedas dengan cabe rawit utuh yang lumayan banyak. Ayam Lodho juga sering disajikan bersama semacam lalapan matang ataupun urap dari rebusan daun ketela ataupun tauge rebus lengkap dengan bumbu urap dari kelapa parut.

Ayam Lodho lengkap dengan Urap dan Ketimun
Nah, awal Oktober kemarin saat aku ke Tulungagung, tiba-tiba saja kok aku pengen lagi menikmati masakan Ayam Lodho yang dulu pertama kali kuicip hampir 7 tahun yang lalu. Lokasi rumah makan Lodho yang terkenal itu berada di tepi jalan raya Tulungagung - Kediri. Sekitar 10 menit dari pusat kota, kira-kira berjarak 7 km dari kota di sisi barat jalan, dekat Taman Makam Pahlawan Tulungagung. Aku lupa nama rumah makannya, tapi kata istriku yang asli Tulungagung memang di situ yang terkenal ayam lodho-nya. Memang sih rasanya beda dari rumah makan-rumah makan Lodho yang pernah kucoba di Tulungagung. Nggak pelit bumbu, santannya lebih kental, cabe rawitnya luar biasa banyak. Porsinya lumayan besar memang, sebanding dengan harganya yang relatif lebih mahal dari rumah makan Lodho lainnya, tapi yang penting rasanya Mak Nyus.....

Kalau lewat Tulungagung jangan lupa mampir di rumah makan Ayam Lodho ya.....

No comments:

Post a Comment