Saturday, October 28, 2017

PayPro Uang Elektronik Metamorfosis Indosat Dompetku

PayPro, aku baru mendengarnya beberapa bulan ini. Penasaran dengan PayPro, beberapa hari lalu kuunduh aplikasi dengan background warna janda ini, alias warna ungu. Usut punya usut ternyata PayPro ini adalah metamorfosis dari Indosat Dompetku, layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh operator seluler Indosat.

Sejak beberapa bulan lalu, Indosat Dompetku sudah dihentikan layanannya, tapi tidak benar-benar disuntuk mati melainkan bermetamorfosis menjadi PayPro. Saldo nasabah Dompetku dialihkan ke PayPro. Penyelenggaraan layanan uang elektronik PayPro jelas menggunakan lisensi Indosat Dompetku yang telah mengantongi izin dari regulator dalam hal ini Bank Indonesia, jadi termonitor oleh Bank Indonesia jadi lebih aman.

PayPro mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh penyelenggara layanan uang elektronik lainnya semacam BCA Sakuku, Mandiri eCash, Tcash, XL Tunai, ataupun Rekening Ponsel CIMB Niaga. Mereka mengklaim bahwa mereka mempunyai izin sebagai penyelenggara uang elektronik yang lebih fleksibel, dalam artian tidak terbatas bisa digunakan oleh pengguna operator seluler tertentu atau nasabah bank tertentu. Namun, sekarang sepertinya penyelenggara uang elektronik lainnya akan atau ada yang sudah menuju kesana. Nanti para penyelenggara uang elektronik tersebut harus bersaing dalam hal kemudahan, kepraktisan, biaya layanan, ataupun promo menarik dengan merchant mitra.

PayPro bisa diisi ulang melalui jaringan Alfamart/Alfamidi/DanDan, Indomaret ataupun transfer Bank. Nah, kemarin kucoba mengisi ulang melalui transfer bank. Sebenarnya top up melalui transfer bank ini jauh lebih mahal daripda top up melalui alfamart ataupun indomaret, yaitu dikenakan biaya Rp6500, sekali transfer. Tapi aku bisa mendapatkannya gratis karena transfer lewat Digibank.

Untuk transfer cukup mudah, transfer ke Bank Lain dengan kode 789 diikuti nomor HP akun PayPro. Saat transfer menggunakan Digibank, aku tidak bisa memasukkan kode bank 789, tapi harus memilih nama bank-nya apa. Karena aku tidak tahu nama bank-nya, jadi kugoogling di internet, ternyata kode 789 dalam transfer online itu bukan nama bank tertentu melainkan namanya 'INDOSAT DOMPETKU', jadilah kupilih Indosat Dompetku baru kumasukkan nomor HP. Begitu transfer sukses, otomatis saldo PayPro bertambah dan siap digunakan. Nanti kita akan bahas lebih banyak lagi fitur-fitur PayPro dalam artikel selanjutnya.

Baca juga: Transfer dan Tarik Tunai Gratis pakai Digibank


No comments:

Post a Comment