Sunday, October 22, 2017

Nyobain Sakuku : Uang Elektronik BCA

Sakuku, nama yang tidak begitu populer jika dibandingkan uang elektronik berbasis nomor HP milik Bank Swasta nasional terbesar di Indonesia yaitu BCA. Keberadaannya kurang se-populer uang elektronik berbasis nomor HP lainnya semisal Tcash Telkomsel, eCash Mandiri, bahkan sama Rekening Ponsel CIMB Niaga. Sepengamatanku BCA kurang begitu gencar melakukan promosi Sakuku, uang elektronik berbasis kartu mereka yaitu Flazz lebih familier di masyarakat.

Sakuku memang lahir belakangan dibandingkan uang elektronik berbasis nomor ponsel lainnya seperti Rekening Ponsel, Tcash, ataupun eCash Mandiri, tapi ternyata Sakuku mempunyai berbagai macam fitur yang tak kalah menarik uang elektronik lainnya.

Kemarin baru saja kucoba menginstal aplikasi Sakuku. Sesaat setelah aplikasi dibuka, ponsel kita akan mengirimkan SMS verifikasi, kemudian kita diarahkan untuk mengisi identitas dan membuat password. Sakuku pun siap digunakan.

Salah satu motifku saat membuka Sakuku disamping penasaran dan pengen mencoba fiturnya, juga karena promo-promonya yang cukup menarik. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, akhirnya segera kuisi saldo sakuku melalui internet banking BCA. Saat ini lagi ada promo bayar Rp1,- untuk pembelian es krim scoop di aplikasi mobile Haagen Dazs jika bayar pakai Sakuku. Lumayan kan....

Layaknya uang elektronik lainnya, Sakuku juga mempunyai fitur transfer ke rekening Sakuku lainnya atau rekening bank, tarik tunai di ATM, dan fitur menarik yang tidak dipunyai uang elektronik lainnya yaitu Split Bill atau fitur berbagi tagihan. Misalnya jika kita sedang makan bareng-bareng sama teman, dan kita yang membayar tagihan, maka kita bisa berbagi tagihan tanpa sungkan, syaratnya teman-teman kita juga punya rekening Sakuku dan terdeteksi di kontak kita. Fitur ini sangat berguna jika kita sering hangout bareng teman agar tidak sungkan ketika menagih uang patungannya.

Nah untuk bisa menggunakan fitur itu, akun Sakuku yang reguler harus di-upgrade menjadi akun Sakuku Plus. Untuk nasabah BCA tinggal memasukkan nomor kartu ATM BCA dan akan diverifikasi otomatis oleh sistem. Untuk nasabah non BCA jika ingin meningkatkan fitur dari Sakuku menjadi Sakuku Plus perlu mendatangi kantor cabang BCA terdekat dengan membawa identitas diri.

Setiap login aplikasi Sakuku kita diminta memasukkan PIN/Password yang terdiri dari 6 digit angka. Di Halaman awal aplikasi ada info promo yang sedang berlangsung, juga ada info mutasi transaksi, ikon Menu, Info, dan Inbox. Ketika kita klik ikon Menu akan muncul pilihan Bayar Belanja, isi Pulsa, Transfer, Split Bill, Tarik Tunai, dan Kontak. Nah, untuk kontak sendiri cukup unik, jika kita mengkliknya akan muncul daftar kontak teman kita yang mempunyai rekening Sakuku ataupun Sakuku Plus.

Meskipun bisa m=punya akun Sakuku tanpa punya rekening BCA, tapi menurutku untuk praktisnya perlu punya rekening BCA karena untuk Top Up akan sangat mudah jika punya rekening BCA, bisa top up melalui internet banking, m-banking, ataupun ATM, bahkan lebih mudah daripada top up kartu Flazz BCA. Top up sebenarnya bisa juga dilakukan di merchat-merchat partner dari Sakuku, namun menurutku itu kurang praktis.

Baca juga: Mencoba Tarik Tunai Sakuku di ATM BCA

No comments:

Post a Comment