Thursday, October 19, 2017

Konsep Baru Grapari Telkomsel Grha Telkom BSD

Mengisi Layar Sentuh untuk dapat nomor antrean di Lobby Grapari Telkomsel BSD
Hari Rabu kemarin, sebelum kami ke acara RUPS Luar Biasa PT Unilever Tbk di Graha Unilever BSD, kami mampir dulu ke Grapari Telkomsel tepatnya di Grha Telkom BSD. Ini baru pertama kali aku ke Grapari BSD, sebelumnya seringnya aku ke Grapari Telkomsel yang berada di dalam Mall Bintaro Xchange.

Sebenarnya yang mau ke Grapari adalah kakakku yang mau mengurus langganan kartu halonya, tetapi mumpung di grapari sekalian saja aku upgrade layanan Tcash basic service milikku menjadi Tcash Full Service biar bisa berbagi uang dengan pengguna Tcash lainya ataupun ke rekening bank dan juga tarik tunai melalui ATM. Oiya saldo maksimum Tcash basic hanya Rp1 juta seperti halnya emoney dari berbagai bank, sedangkan yang full service bisa sampai Rp10 juta. Selain itu fiturnya sama saja.

Di sini aku tidak membahas keunggulan Tcash beserta fitur-fiturnya melainkan aku lebih tertarik membahas tentang konsep baru pelayanan Grapari Telkomsel yang baru kurasakan di Grapari BSD ini. Ketika memasuki lobi Grapari BSD, kita langsung siap dihadapkan pada mesin dengan layar sentuh lebarnya semacam alat pencetak nomor antrean dengan fitur yang jauh lebih canggih. Jadi di layar sentuh alat tadi kita diminta memasukkan nomor HP (telkomsel) kita, kemudian ada petugas yang menanyakan maksud keperluan kita dan akan menekan menu pelayanan yang sekiranya relevan dengan keperluan kita. Si petugas juga meminta kita untuk menghadap kamera yang berada di pojok kiri atas  mesin untuk difoto. Setelah itu kita akan mendapatkan notifikasi nomor antrean yang  akan langsung dikirimkan nomor HP kita.

Sambil menunggu antrean, kita diminta masuk ke ruang tunggu. Di sinilah kebaruan itu berawal. Kesanku terhadap ruang tunggu atau ruang pelayanan pelanggan ini benar-benar menarik perhatian. Dengan dominasi warna merah, dengan layout minimalis modern, dengan banyak sofa dan meja-meja yang terkesan santai layaknya di Lounge, dengan perempuan-perempuan berpakaian merah yang mondar-mandir membawa laptop, ada pula yang sedang melayani pelanggan terlihat dari  mimik wajah mereka yang sepertinya sedang mekakukan pembicaraan hangat.

Duduklah kami di sofa yang kosong. Kami memperhatikan sekeliling, banyak monitor yang dipasang menunjukkan nomor-nomor antrean yang sedang dilayani. Kami perhatikan ternyata nanti customer service-nya akan berkeliling mencari kita sambil melihat foto kita  pada laptop yang mereka bawa kesana-kemari, yang direkam alat pencetak antrean saat kita datang tadi. Tidak menunggu terlalu lama kakakku akhirnya dipanggil, dan sesaat kemudian pun aku juga dipanggil. Kami pun duduk di sofa yang sekiranya kosong. Dengan hangat dan ramah, mbak-mbak CS-nya melayaniku dengan sabar dan tentunya profesional. Sekiranya sekitar 25 menit mereka melayaniku dengan bolak-balik ke back office untuk memfotokopi KTP, mengambil formulir yang harus kutandatangani, dan keperluankuakhirnya terselesaikan dengan munculnya notifikasi SMS kalau akun Tcash-ku sudah sukses berubah ke layanan full service.

Sangat bagus konsep pelayanan terbaru dari Grapari BSD ini. Pelanggan jadinya tidak merasa menunggu dalam antrean yang penuh kebosanan seperti dulu. Bahkan CS-nya yang akan mencari kita, bukan layaknya pelayanan konvensional dimana kita yang menghampiri CS-nya. Dengan layout ruangan yang bagus, hangat, santai dan good interior appearance semakin membuat kita betah berlama-lama di situ.

Oiya kalau mau ke Grapari Telkomsel BSD, jangan keliru masuk ke Gedung yang ada tulisannya Telkomsel gede, tetapi masuklah ke Gedung yang bernama Grha Telkom yang letaknya berseberangan dengan Gedung Telkomsel.


No comments:

Post a Comment