Wednesday, October 25, 2017

Mencoba Tarik Tunai Sakuku di ATM BCA

Mungkin diantara pembaca pernah lihat semacam stiker di pojok kanan atas mesin ATM BCA yang disitu tertera, "Di sini bisa tarik tunai Sakuku". Mungkin dari nasabah BCA sendiri belum tahu apa itu Sakuku. Sakuku adalah uang elektronik yang dikeluarkan oleh BCA, seperti halnya Mandiri dengan eCash-nya, CIMB Niaga dengan Rekening Ponselnya, ataupun Telkomsel dengan Tcash-nya, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu fitur dari Sakuku adalah bisa tarik tunai di ATM BCA. Karena penasaran bagaimana cara tarik tunai SAKUKU di ATM BCA tanpa menggunakan kartu ATM aku pun mencobanya. Saat itu kebetulan selesai belanja di Superindo di kawasan Pamulang II, di dekat kasir ada ATM BCA. Nah, pada awalnya aku bingung harus bagaimana karena tidak pakai kartu ATM. Setelah kulihat lebih seksama, ternyata di layar bagian kanan bawah ada menu Tarik Tunai Tanpa ATM, langsung saja kutekan tombol menunya.

Aku diminta memasukkan nomor HP ku yang terhubung dengan rekening Sakuku. Oiya sebelum pencet sana sini di mesin ATM, kubuka terlebih dahulu aplikasi Sakuku. Kupilih nominal yang akan kutarik tunai, minimal Rp50 ribu. Kemudian aku dapat dapat Kode, yang nantinya kuinputkan ke mesin ATM.

Setelah memasukkan nomor HP ke mesin ATM, aku pun diminta memasukkan kode yang kuperoleh dari aplikasi Sakuku. Tidak perlu menunggu lama, uang pun keluar sesuai nominal yang kupilih di aplikasi Sakuku. Lumayan, sangat membantu ketika kita kebetulan tidak bawa kartu ATM. Oiya layanan ini tidak dikenakan biaya karena hanya bisa dilakukan di ATM BCA.

Sebenarnya tarik tunai di ATM bukan kali ini saja kulakukan. Dulu beberapa tahun yang lalu saat masih awal-awalnya Rekening Ponsel CIMB Niaga, aku juga pernah melakukan hal serupa, caranya pun mirip. Mungkin nanti lama-kelamaan kartu ATM akan menjadi barang kuno juga ya....

Baca juga: Nyobain Sakuku: Uang Elektronik BCA

No comments:

Post a Comment