Sunday, April 5, 2015

Pantai Mimi Land [Batu Payung] Singkawang

Sunset di Pantai Mimi Land Singkawang (dok. pribadi)
Puas melihat Singkawang dan pantai-pantainya dari atas bukit, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Pantai Batu Payung atau yang lebih dikenal dengan Pantai Mimi Land. Mimi Land bisa diibaratkan Ancolnya Singkawang dengan berbagai wahana permainan di tepi pantainya namun dengan pemandangan Pantai yang lebih indah dipadu dengan pulau kecil di hadapannya yang dengan apik membingkai matahari yang akan tenggelam ke peraduannya. Pemandangan Sunset di Pantai ini sungguh luar biasa. Matahari tenggelam dengan anggun di antara dua pulau di seberang pantai. Cahaya keemasannya pun memantul di pasir pantai yang tersibak debur ombak.

Cottage-Cottage di Bibir Pantai Mimi Land (dok. pribadi)
Penginapan bergaya Mediterania di bawah bukit (dok.pribadi)
Kami memilih Mimiland, karena kondisi Pantainya jauh lebih bersih dan bagus dibanding pantai-pantai tetangganya. Dikelola secara profesional dan menurutku sangat potensial sekali dikembangkan. Sayang kami datang ke pantai sudah lebih dari pukul 5 sore sehingga berbagai wahana bermain yang ada sudah berhenti beroperasi. Tapi untungnya cuaca saat itu sedang cerah sehingga kami bisa melihat sunset yang indah.

Mimiland berada di antara Kota Singkawang dan Mempawah. Bisa ditempuh kira-kira 2,5 jam dari kota Pontianak. Ketika kami menuju Mimiland, kami kebablasan masuk ke kampung-kampung Tionghoa di sekitar pantai, yang mana juga banyak wisatawan lokal yang mampir di pantai-pantai gratis yang dikelola warga setempat dengan kedai-kedai makan di pinggirnya. Kalau masuk ke kawasan Mimiland memang harus membayar Rp25ribu per orang, yang mana saat itu kami hanya ditarik tiket Rp60ribu untuk empat orang. Entahlah, atau karena sudah sore maka tiketnya didiskon ya, hehe....

Tapi nggak rugi dengan tiket segitu, kita bisa menikmati pemandangan yang indah dengan kondisi pantai yang bersih lengkap dengan fasilitasnya. Di Mimiland juga terdapat cottage-cottage yang berjejer apik di bawah bukit pinggir pantai. Penginapan bergaya mediterania yang sangat cocok untuk liburan keluarga.

Deretan pohon cemara udang juga menambah keasrian pantai ini. Perlu promosi dan diadakan berbagai event untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke pantai ini, karena sepengamatanku sekilas, Pantai ini sepi pengunjung padahal aku datang pas akhir pekan, apalagi kalau weekdays, pasti sepi banget.

Komedi Putar di Arena Taman Bermain Mimi Land (dok. pribadi)
Wahana bermain di pantai ini lumayan lengkap untuk sekelas objek wisata daerah. ada semacam ontang-anting seperti di ancol, bianglala, komedi putar, arena flying fox yang lumayan panjang dari bukit ke tepi pantai, dan berbagai macam wahana lainnya yang nggak sempat kuamati secara lengkap karena hari sudah mulai gelap saat itu. pantai ini juga relatif aman untuk berenang dengan ombaknya yang tidak besar karena sudah terhalang oleh pulau-pulau kecil di seberang pantai. Namun, untuk anak-anak tetap perlu mendapat pengawasan orang tua ketika berenang di pantai. Pasir pantai Mimi land termasuk pasir yang agak padat sehingga cocok untuk bermain anak-anak membuat istana pasir.

Singkawang memang mengukuhkan dirinya sebagai kota wisata di Kalimantan Barat. Tak salah memang dengan klaim itu, mengingat Singkawang mempunyai berbagai macam objek wisata yang cukup lengkap mulai dari pantai-pantainya yang indah, perbukitannya yang asri, kebun binatang, sampai dengan wisata kotanya yang nggak kalah seru.

Kalau ke Kalimantan Barat mampir ke Singkawang ya....

Narsis bersama kawan (dok. pribadi)

No comments:

Post a Comment