Monday, April 13, 2015

Kuliner Pontianak : Es Krim Petrus

Es Krim Petrus Rasa Cempedak (dok. pribadi)
Kalau di Malang ada Es Krim Toko "Oen", dan di Jakarta ada Es Krim Ragusa, nah di Pontianak juga ada es krim legendaris yang sudah berdiri puluhan tahun. Namanya Warung Es Krim A Ngi atau yang lebih dikenal dengan Es Krim Petrus karena berlokasi di depan sekolah Santo Petrus Pontianak.

Warung ini tak pernah sepi meskipun tidak saat jam istirahat siang ataupun istirahat sekolah. Warungnya berada di depan rumah alias di carport dan sebagian teras rumah. Aku penasaran dengan Es Krim Petrus karena kolegaku merekomendasikan bahwa Es Krim Petrus itu enak banget dan sudah ada sejak dia masih di Pontianak awal tahun 80-an silam.

Suasana di Warung Es Krim Petrus (dok. pribadi)
Kebetulan aku datang ke warung Es Krim Petrus sebelum waktu istirahat siang sekitar jam 10-an. Lumayan rame tapi tidak sampai bejubel. Saat itu menu es krimnya hanya ada tiga varian yaitu Es Krim rasa Vanila, Stroberi, dan Cempedak. Aku pesan Es Krim rasa Cempedak yang disajikan di atas batok kepala muda yang dibelah dua, dengan masih ada kelapa mudanya di situ dengan campuran cincau serut di bagian bawah es krim. Hmmmm.... penyajian yang unik.

Saatnya mencicip rasanya. Rasanya menurutku lumayan, tapi tidak seistimewa yang kubayangkan, hehe.... Hampir mirip rasa es krim di Rumah Makan Pak Usu Pontianak, atau lidahku yang tidak peka akan sensasi rasa originalnya ya.... entahlah....

Di situ juga tersedia aneka jajanan kue-kue basah dan jajanan pasar untuk pendamping menikmati es krim. Lumayan kenyang menikmati es krim sambil makan jajanan. O iya... kita juga bisa memilih penyajian es krimnya di cup saja, nggak di batok kelapa muda. Di Warung ini banyak kawula muda yang menjadikannya tempat nongkrong sambil ber-brainstorming kali, hehe.....

Salah satu jajajan pasar, semacam serabi dengan santan kental manis banget (dok. pribadi)
So, bagi kamu pecinta es krim, kalau pas di Pontianak, nggak afdol kalau belum mampir ke warung es krim Petrus.

No comments:

Post a Comment