Saturday, November 18, 2017

Apa Pekerjaan Rumah yang Paling Menjengkelkan?

Jawabanya buka nyuci piring, ngepel lantai, ataupun nyuci pakaian melainkan Menyetrika! ya betul, pekerjaan rumah yang satu ini sangat menguras energi dan kesabaran. Panas, bikin pegal, dan tentunya boros listrik, kecuali kalau kalian masih pakai setrika arang listrik!

Mengapa bisa sangat membosankan dan menjengkelkan, alasannya sebagai berikut:

  1. Menyetrika cenderung bikin hawa di sekitarnya jadi panas, sehingga tak jarang pula peluh kita bercucuran ketika menyetrika, sesuatu yang sangat tidak nyaman tentunya.
  2. Posisi berdiri atau duduk yang relatif lama saat menyetrika dengan gerakan yang monoton dapat dengan sukses membuat tubuh kita pegal-pegal.
  3. Butuh kesabaran untuk menyetrika, karena tak jarang kita menjumpai baju yang sulit sekali disetrika meski sudah mengatur seting panas maksimal. Atau mungkin karena kepanasan tak jarang ada pakaian kita yang menempel di setrika karena bahannya yang merupakan campuran plastik. Pantas saja banyan keluarga meskipun mereka nggak nge-laundry, tapi tetap menyerahkan urusan setrika menyetrika ke orang lain/tentangga yang membuka jasa penyetrikaan.
  4. Belum tentu setrikaan kita bisa licin tanpa ada lecek di baju atau celana. Apalagi kalau kita tidak mempunyai trik cepat dalam menyetrika pastinya akan menyedot listrik yang besar, karena setrika termasuk elektronik yang nyedot listrik dalam jumlah yang besar, bisa setara mesin pompa air ataupun AC.
  5. Membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menyetrika. Satu kemeja saja jika benar-benar licin bisa memakan waktu 3-5 menit. Bagaimana kalau kita buru-buru mau nggunain baju itu ya....
Lha terus biar menyetrika tidak menjengkelkan lagi apa yang harus kita lakukan?
  1. Kita serahkan saja pekerjaan menyetrika ke orang yang membuka jasa setrikaan, toh nggak terlalu mahal. Keluar sedikit uang, tapi kita kan tidak capek, dan yang penting tidak boros listrik!
  2. Beli setrika uap, karena menggunakan setrika uap membuat pakaian cepat licin, tanpa perlu berulang-ulang menyetrikanya dengan tekanan yang kuat sehingga kita menguras energi.  Cukup gosok satu atau dua kali biasanya langsaung licin. Kalau menganggap setrika uap yang biasa tidak cukup praktis, kita bisa beli setrika uang yang punay semacam pipa kayak vakum cleaner, dima baju kita gantung dan cukup kita uapi bajunya langsung licin, seperti yang dipakai di department store, baju-baju yang lecek karena dipilah pilih oleh pembeli bisa kembali licin seketika dengan setrika upa modern model ini. Harganya memang agak mahal, biasanya lebih dari Rp1 juta.
  3. Jangan menimbun terlalu banyak pakaian yang belum disetrika, karena nanti butuh extra effort untuk menyetrikanya.Luangkan waktu paling tidak seminggu dua kali untuk menyetrika agar tidak menumpuk di akhir pekan. Namun, nggak perlu tiap hari menyetrika karena disamping akan membosankan meski sedikit yang disetrika tapi juga akan boros listrik.
Selamat menyetrika dengan enjoy, mimpi kali........!

No comments:

Post a Comment