Sunday, November 12, 2017

Lebih Tenang dengan Web Cek In Citilink

Dulu kita sering terburu-buru ke bandara agar tidak terlambat cek in. Namun, sekarang kita semakin dimudahkan dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh maskapai, salah satunya adalah web cek in yang bisa kita lakukan darimana pun asal ada akses internet.

Seperti halnya maskapai lain, citilink punya juga fasilitas web cek in. Mirip dengan maskapai lainnya, mungkin hanya dibeberapaprosedur dan kebijakan saja yang berbeda. Misalnya Citilink menerapkan bahwa web cek in baru bisa diakses 48 jam sampai dengan 2 jam 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Lumayan lah cukup memadai rentang waktunya, kebanyakan maskapai membuka web cek in 24 jam sebelum keberangkatan.

Oiya kita bisa melakukan web cek in Citilink melalui laman Web Cek In Citilink atau bisa juga melalui aplikasi mobile yang bisa didownload di Appstore Apple atau Playstore Android. Pilih saja menu Web Cek in di aplikasinya, dan ikuti saja langkah selanjutnya. Hal pertama yang dilakukan adalah memasukkan kode booking dan nama belakang kita.

Tidak seperti web cek ini di Garuda ataupun Lion Air yang membebaskan kita untuk memilih tempat duduk, Citilink tidak menerapkan kebijakan serupa. Citilink mengenakan charge yang bervariasi untuk masing-masing posisi tempat duduk jika kita ingin memilihnya, tapi gratis jika kita tidak memilih tempat duduk alias dipilihkan otomatis oleh sistem Citilink, padahal beberapa waktu lalu sudah pernah digratiskan lho untuk memilih kursi, eh sekarang dikomersilkan lagi, haha.....

Kalau aku sendiri tidak pernah memilih tempat duduk kalau dikenakan charge seperti itu, lain halnya jika gratis. Kalau Anda berencana memilih kursi ketika web cek in, saya sarankan untuk mengaksesnya melalui komputer agar lebih nyaman navigasinya dibandingkan melalui aplikasi mobile.

Terakhir ketika kita sudah yakin dengan kursi yang kita pilih atau tidak memilih kursi, kita bisa melanjutkan untuk proses finalisasi web cek in. Kemudian akan muncul keterangan kalau kita sudah cek in dan boarding pass kita sudah bisa di print. Sayangnya tidak ada opsi untuk mengirim boarding pass ke email kita. Dulu setahuku ketika web cek in citilink, boarding pass akan langsung dikirimkan ke email kita, sesuai email yang kita cantumkan saat kita beli tiket di website citilink langsung. Namun, sekarang karena aku  belum pernah lagi beli tiket ke website citilink langsung, dan seringnya lewat travel agent online seperti Traveloka, tiket.com dan lainnya, maka ketika web cek in citilink boarding passnya tidak terkirim otomatis ke emailku, mungkin terkirim ke email travel agent. Fitur ini sepertinya sepele, tapi sangat membantu ketika tersedia opsi untuk mengirimkan boarding pass melalui email ataupun via SMS seperti yang disediakan maskapai lain.

Sesampainya bandara, meskipun kita sudah web cek in, kalau kita bawa bagasi harus tetap ke counter. Namun, kalau kita tidak perlu bagasi kita bisa juga tidak mampir counter dengan berbekal boardingpass yang sudah kita pegang sebelumnya, tapi saya menyarankan untuk ke counter untuk mengetahui informasi mengenai gate mana yang harus dituju, atau mungkin ada informasi delay, dan bisa juga cetak ulang boarding pass yang sudah dilengkapi dengan keterangan Gate berapanya.

No comments:

Post a Comment