Thursday, November 9, 2017

Proses Panjang Berliku Komplain Gagal Top Up Flazz BCA

Ini mungkin proses terpanjang, ternjlimet, teruwet, dan tercapek yang harus kujalani untuk komplain ke BCA terkait kegagalan saat Top Up Saldo Flazz. Untuk soal komplain mengkomplain mungkin aku sudah cukup terlatif, entah sudah berapa puluh kali aku komplain ke toko online, marketplace, ataupun Bank terkait pelayanan mereka, dan hampir semua berakhir dengan manis. Semoga yang satu ini tidak berakhir pahit.

Kronologi kejadian sampai dengan proses komplainnya adalah seperti ini:

  1. Tanggal 27 September 2017 sekitar pukul 11.35 WIB aku top up Flazz melalui EDC di kasir Gramedia Boulevard Bintaro dengan debit kartu ATM-ku. Transaksiku dinyatakan gagal saat itu karena saldo flazzku tidak bertambah banyak. Kutanyakan ke Kasirnya, katanya uangnya akan segera kembali sekitar 1-2 hari kerja. Nomor kartu flazzku juga dicatat dan katanya mau dibantu melaporkannya ke BCA. Entahlah, itu pernah dilakukan atau tidak sampai saat ini.
  2. Malam harinya, kucoba untukk menghubungi customer care BCA melalui telepon. Namun, jawabannya relatif sama dengan si mbak kasir, yaitu dikatakan oleh CS-nya bahwa benar terjadi kegagalan dalam hal top up flazz, dikarenakan koneksi mati. Dijanjikan oleh si Mas CS itu uangku akan dikreditkan kembali keesokan harinya.
  3. Beberapa hari tidak ada uang masuk ke rekening BCA, kutulislah email: halobca@bca.co.id mendapatkan jawaban bahwa aku harus datang ke cabang BCA terdekat.
  4. Karena aku tidak sempat ke BCA terdekat, maka ketika aku pulang ke Tulungagung, tanggal 3 Oktober 2017 kudatangi kantor BCA Tulungagung. Aku berbicara panjang lebar dengan CS-nya (mbak cantik yang kulupa namanya), dia pun dengan sabar dan melayaniku dengan ramah. Dalam kesempatan itu aku juga dihubungkan kembali dengan petugas halo BCA. Akhirnya aku dijanjikan sampai 5 hari kerja untuk pembalian dananya.
  5. Lama kutunggu sampai kira-kira sebulan ternyata nggak ada juga refund yang masuk ke rekening BCA-ku. Akhirnya hari selasa 7 November 2017 kemarin kulayangkan komplain 'keras' ke email halo bca, bahwa jika masalahku tidak terselesaikan sampai jumat 10 November, maka terpaksa kutulis di surat pembaca.
  6. Sore harinya aku dihubungi oleh Kepala Layanan BCA Tulungagung, Pak Toni. Melalui SMS Beliau meminta kapan kesediaanku untuk ditelpon, karena kulihat beberapa kali ada telepon masuk yang nggak kujawab, mungkin karena aku lagi sibuk saat itu. Beliau juga minta untuk men-scan kartu flazz-ku untuk melihat mutasi transaksinya. Kujelaskan bahwa aku tidak berada di Tulungagung, dan aku pun spontan punya ide, ku-scan sendiri kartu flazz-ku dengan aplikasi Mobile BCA di android, terlihat mutasi transaksinya dan akhirnya ku screenshot dan kukirimkan gambarnya ke Pak Toni. Beliau berkata langsung segera memprosesnya dan mengirimkan data tersebut ke pusat.
  7. Tanggal 8 November 2017 tidak ada kabar apapun mengenai progress komplainku.
  8. Tanggal 9 November 2017 sore hari ini sekitar pukul 5 lebih ada 3 panggilan tak terjawab di HP-ku. Dari nomornya kelihatan telepon dari Jakarta. "Mungkin itu pihak BCA mau mengabarkan progress komplainku?", pikirku saat itu. Aku segera saja mengecek mutasi di rekening BCA-ku melalui klikbca, dan ternyata ada kredit  dari BCA. Alhamdulillah.... aku tidak perlu menulis di surat pembaca esok hari. Ternyata mujarab juga ya kata 'Surat Pembaca'!
Akhirnya perjalanan panjang komplain ke BCA berakhir manis, meskipun telah menguras tenaga dan pikiran. Terima Kasih Pak Toni dan timnya yang telah membantu proses komplain saya.


18 comments:

  1. Dan ini baru terjadi padaku malam ini.. top up pakai BCA mobile. Masuk saldo nya sekali.. tp terpotong saldo bank nya 2x. Blm tau gmn proses complain nya nih. Berhubung bsk jg weekend.. ckckckkc

    ReplyDelete
  2. hari ini 28 Oktober 2020, says top up melalui MBCA sebesar 700.000, pertama gagal lalu mengikuti tulisan agar ditempel laga, setelah ditempel kedja kalinya berhasil. Namun, setelah saya cek di mutasi rekening tertulis 2x transaksi top up dan rekening berkurang 1.400.000 padahal yang top up yang masuk 700 rib

    ReplyDelete
  3. Aku top up baru ini 250 tapi gak masuk sama sekali saldo udah terpotong,harus gimana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ka saya juga... Tolong pendapat nya bagi yang berpengalaman

      Delete
  4. Terjadi pada ku hari ini.
    Top up 100rb, tp ga bertambah dikartu flazz ku. Namun saldo berkurang 150rb.

    Untuk pihak bca tolong masalah seperti ini, sekecil apapun ini harus dipikirkan. Masa harus berulang kali custumer bca mengalami kejadian seperti ini ini

    ReplyDelete
  5. Sama dg ku hari ini top up gagal terus jd ku ulangi terus trnyata memotong terus2an... beli 100, 50, 50, 50, 50 total.300ribu yg masuk hanya 50ribu stelah cek saldo sudah terpotong walaupin gagal

    ReplyDelete
  6. Boleh tau kontak pak toni nya? Saya mengalami kejadian yg sama

    ReplyDelete
  7. Ternyata gak cuma aku sendiri topup kartu flazz ,saldo gak nambah rekening terpotong

    ReplyDelete
  8. Sama untuk aku hari ini tadi pagi aku topup kartu flazz bca pakai mbangking 200 ribu bacaanya gagal aku sampe coba 3x baru bisa yang ke 3 x tapi di kartu flazz ku ada 200 ribu nanmu saldo bca aku berkuraang 600 ribu.minta bantuan bank bca .

    ReplyDelete
  9. topu 100000 saldo tepotong tp di plazz masih segitu aja cara mengatasi nya gimna

    ReplyDelete
  10. Saya top up melalui hp namun gagal keterangan dan dana saya cek di mutasi terpotong tapi di kartu flazz tidak masuk

    ReplyDelete
  11. Hari ini top up di hp transaksi gagal tp saldo kepotong....😭😭😭 bca oh bca system ny knp gini sichh. Transaksi kedua berhasil. Tp sayang transaksi pertama gagal saldo dah kepotong. Mohon perbaikan dari BCA. Dah bnyk kejadian. 🥺🥺🥺

    ReplyDelete
  12. Btw siapa yang makan tuh duit. Haha dimakan jin nih uang

    ReplyDelete
  13. Anonymous6:09 PM GMT+7

    Saya jg top up diatm saldo ke potong tp flaz gagal dan tdk bertambah saldonya.
    Tp yasudahlah gk mau ribet
    Saya anggap sedekah saja

    ReplyDelete
  14. Anonymous4:51 PM GMT+7

    Sedekah 1 orang, kalau jutaan org, jd org kaya BCA

    ReplyDelete
  15. dan terjadi jg di saya...top up flazz via mbanking..saldo kepotong...saldo flazz tetap 0... saya coba isi di kasir alfamart bisa masuk...btw saya masih complain via email skrg..udah 3 hari..klo blm ada tanggapan yah akan saya complain teruusss...sampai balik saldo rek bca saya yg hilang entah kemana.

    ReplyDelete
  16. Barusan jg sy mengalami hal yg serupa. Prtma kali nyoba pke flazz bca isi lwt mbanking. Lngsung 500, trnyta saldo tpotong, tp dana tdk msuk. Lihat d mutasi, saldo pending. Lah...skrg jumat malam. Br bs ngurus senin. Smga bs saldo kmbali ke rekening

    ReplyDelete
  17. Anonymous1:43 PM GMT+7

    saya cek saldo flazz malah kepotong 150.000, bca najis

    ReplyDelete