Friday, November 10, 2017

Review Printer Epson L485 WiFi Indonesia

Printer Epson L485 (dok. pribadi)
Sekitar puasa lalu sebelum lebaran, aku beli printer Epson yang menurutku performanya cukup baik dan konsisten. Kupilih jenis printer yang nirkabel (wireless), zaman now gitu loh.... mosok masih ribet urusan kabel.

Pilihanku jatuh ke printer Epson tipe L485 yang selain bisa untuk printer juga bisa untuk scan dan copy. Namun, fitur kunci yang kucari adalah bisa pakai WiFi. Kebetulan kubeli di JD.id dengan harga hampir 3 juta. Salah satu pertimbanganku juga adalah printer ini masih menggunakan tinta isi ulang, jadi tidak perlu gonta-ganti catridge yang terkenal mahal itu. Cukup beli tintanya saja, isi sendiri. Dalam paket pembeliannya juga sudah disertakan 4 botol tinta asli warna hitam, merah, biru, dan kuning.

Setelah kuiisi dan kusetel macem-macem, akhirnya kucoba atur fitur WiFi-nya. Kucoba koneksikan dengan tethering di HP dan ternyata bisa. Kita juga bisa mensetting, alamat email printer ini melalui situs epson, sehingga dari jauh pun, ataupun kota lain kita bisa nge-print asal printernya nyambung internet dengan memasukkan alamat email printer ini, jadi berfungsi mirip mesin Fax.

Khusus untuk fitur scan, masih harus nyambung dengan kabel. Hanya ngeprint saja yang bisa wireless. Untuk mencetak foto di kerta foto hasilnya juga cukup bagus tak kalah dengan kualitas cetak foto studio. Untuk meng-copy dokumen juga hasilnya sangat bagus. bisa copy hitam putih ataupun berwarna. Saat kucoba meng-copy dokumen berwarna, hasilnya cukup memuaskan.

Oiya ternyata printer ini dilengkapi juga oleh WiFi Direct sehingga printer ini bisa tetap nge-print tanpa perlu terkoneksi langsung dengan hotspot WiFi, tetapi perangkat laptop ataupun smartphone bisa langsung koneksi dengan WiFi Direct Printer ini. Praktis....! Untuk lebih memudahkan koneksi smartphone atau tablet kita bisa mengunduh aplikasi Epson iPrint untuk iOS atau Android, cukup simpel.

Secara keseluruhan aku puas dengan performa printer Epson L485 ini. Bentuknya kompak, terlihat kokoh dengan warna hitamnya, dan mudah perawatannya. Semoga Awet.....


No comments:

Post a Comment