Wednesday, November 22, 2017

Gimana Beli iTunes Gifts Langsung dari iTunes Store?

Punya gadget Apple memang perlu 'modal'. Nggak hanya pas beli gadgetnya saja, tapi juga buat ngisi iPhone, iPad, Mac dengan lagu, film, games, ataupun aplikasi berbayar kita butuh 'modal'. iTunes Store dan App Store menyediakan berbagai lagu, games, film, video, dan aplikasi yang jumlahnya luar biasa banyak. Semuanya itu bisa kita beli dengan kartu kredit. Kalau kita tidak punya kartu kredit, kita bisa beli iTunes Gifts semacam voucher digital ya semacam saldo uang elektronik lah, tapi khusus untuk transaksi di iTunes Store dan Appstore Apple.

Kita bisa beli iTunes Gift yang banyak ditawarkan di berbagai marketplace online semacam Tokopedia dan Bukalapak, tapi biasanya harganya relatif lebih mahal, misalkan iTunes Gifts dengan nominal Rp150 ribu dijual dengan harga Rp160 ribu bahkan Rp170ribu. Nah, kalau tidak pengen kena harga mahal seperti yang kulakukan adalah beli langsung iTunes Gifts di iTunes Store menggunakan kartu kredit.

Kenapa aku tidak langsung menggunakan kartu kredit jika beli berbagai item di iTunes Store atau Appstore. Alasannya adalah keamanan, jika aku menggunakan langsung kartu kredit sebagai alat pembayarannya, maka aku harus selalu menyimpan nomor kartu kredit berikut CVV dan expired date-nya di database Apple. Meskipun menurut Apple dijamin keamanannya, tapi aku kok nggak sreg ya, hehe.... Jadilah mending aku beli iTunes Gifts saja, sehingga jika aku beli item-item di iTunes atau Appstore, saldo iTunes Gift-ku yang langsung kedebet.

Untuk membeli iTunes Gift menggunakan kartu kredit, aku perlu mengatur metode pembayaran di akunku. Apple menerima pembayaran kartu kredit VISA, MasterCard, dan American Express. Kucantumkan data kartu kreditku, kusimpan dan baru bisa kugunakan untuk beli iTunes Gifts. Kita tinggal memilih nominal berapa yang akan kita beli, kita kirim ke alamat email kita atau orang lain. Nanti kode voucher iTunes Gift dikirimkan ke email yang kita tuliskan tadi. Bisa langsung kita redeem dengan memasukkan kode vouchernya di menu redeem iTunes Store atau jika kita buka emailnya di gadget yang terhubung dengan akun Apple kita maka kita tinggal klik "Redeem" yang ada di email berisikan kode voucher tadi, langsung saldo iTunes Gift kita bertambah, bisa kita lihat di pojok kanan atas dari iTunes Store. Di tagihan kartu kredit kita nantinya cuma sebesar persis nominal iTunes Gifts yang kita beli, jadi nggak ada biaya tambahan.

Setelah sukses redeem dan Saldo iTunes Gifts-ku bertambah, langsung kuubah kembali metode pembayaran di akunku menjadi "None", alias tidak ada agar data kartu kreditku tidak selalu standby di database Apple. Ya untuk jaga-jaga aja, karena yang terbaru ada kabar di berita bahwa data sekitar 57 juta pengguna UBER sudah terkena hack, padahal aku menyimpan data kartu kreditku di akun UBER, semoga saja tidak terjadi apa-apa dengan akun UBER-ku.


No comments:

Post a Comment