Thursday, April 9, 2015

Pengalaman Naik ATR 72 - 600 Kalstar

ATR 72-600 Kalstar Aviation (Dok. Pribadi)
3 hari sudah di Ketapang, dan siang tadi saatnya balik ke Pontianak. Nggak pakai Trigana Air tapi naik Kalstar. Sama-sama pakai pesawat ATR 72 namun beda seri. Trigana pakai ATR 72 - 200 kalau Kalstar pakai versi terbarunya ATR 72 -600 sama seperti yang dipakai Garuda Indonesia rute Balkikpapan -Pontianak

Pesawat yang kami tumpangi delay sekitar 45 menit. Kalstar dari Semarang baru mendarat pukul 15.22 WIB padahal seharusnya kami sudah take off pukul 14.45 WIB. Untungnya ruang tunggu Bandara Rahadi Oesman cukup lengang dan sejuk sehingga lumayan nyaman.

Uniknya meskipun tercantum nomor kursi di boarding pass kita, namun sistem tempat duduk di Kalstar siapa yang cepat masuk, dia bisa bebas milih tempat duduk. Jadilah kami buru-buru menuju boarding gate ketika petugas mengumumkan boarding. Untunglah aku bisa dapat kursi nomor 2 dari depan dan di samping jendela, puaslah aku potret sana-sini pemandangan di bawah sepanjang perjalanan. Cantik sekali ketika take off meninggalkan Ketapang ada pelangi melengkung setengah lingkaran sampai ke laut.

Perjalanan ditempuh 33 menit dengan ketinggian terbang sampai 10.500 kaki. Kabinnya persis sekali seperti ATR yang dipakai Garuda. Dengan ruang bagasi kabin yang lebih luas daripada milik Trigana Air, kondisi yang masih baru, dan yang paling penting suara mesin baling-balingnya nggak terlalu kencang berbeda halnya dengan Trigana.

Take Off dan landing berjalan mulus. Tapi sayangnya selama perjalanan tidak diberi minuman sama sekali, apalagi snack, haha.... namanya saja budget flight. Aku nggak sempat mencoba fasilitas toiletnya. Pramugarinya lumayan ramah, nggak sejutek pramugari Trigana yang sebelumnya kutumpangi.

Overall naik ATR 72-600 Kalstar cukup nyaman, cuma delaynya itu lho, tapi masih bisa ditolerir lah. So pilih mana, kalau mau ke Ketapang dari Pontianak naik Trigana Air atau Kalstar?

2 comments:

  1. Anonymous4:19 PM GMT+7

    i prefer to choose kalstar for travel around kalimantan. Because their service are getting better nows, since their adventure borneo program launched

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul, pelayanan kalstar saya rasakan semakin bagus dan tepat waktu.

      Delete